Perguruan Pencak Silat Kertha Wisesa Bali Siap Cetak Atlet Berprestasi

Anak Agung Ngurah Widiada bersama petinggi Perguruan Pencak Silat Kertha Wisesa Bali lainnya. (FOTO: ist)

Denpasar, PERSPECTIVESNEWS – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Perguruan Pencak Silat (PPS) Kertha Wisesa Bali siap berkiprah mamajukan keberadaan pencak silat di Bali. Bahkan siap mencetak sejumlah atlet pencak silat berprestasi, sehingga bisa selalu tampil sebagai juara.

Demikian ditegaskan Ketum DPD PPS Kertha Wisesa Bali AA Ngurah Gede Widiada, SH, usai mengikuti acara Pembukaan Selubung Papan Nama dan Penyempurnaan Pengurus DPD PPS Kertha Wisesa Wilayah Bali di Puri Peguyangan Denpasar, Minggu (8/3/2020).

Bersama pengurus yang lain, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan rapat konsolidasi untuk melanjutkan progran pengurus sebelumnya dan menyusun program 4 tahun ke depan.

“Yang paling dekat adalah membentuk cabang-cabang Perguruan Pencak Silat Kertha Wisesa ini di seluruh wilayah di Bali,” ujarnya, didampingi I Nyoman Merta (ketua harian) dan I Nyoman Adi Suartana, SH, (sekretaris).

Perguruan Pencak Silat Kertha Wisesa adalah perguruan historis yang turut mendirikan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), yang menaungi segala pencak silat yang ada di wilayah Bali. “Kami siap mengemban tugas mulia ini, dan target kami tentu ingin selalu menjadi juara, sehingga perlu kerja keras dan konsolidasi yang intens serta sering melakukan try out,” katanya.

Ia juga berharap peran pemerintah bisa mengayomi keberadaan pencak silat dan memberikan perhatian yang serius, karena PPS Kertha Wisesa ini merupakan warisan leluhur. “Semoga, ke depan mampu menjadi identitas diri generasi muda. Dengan spirit moralitas, kami siap bertarung secara “all out” untuk menorehkan prestasi juga menjalankan amanah serta siap bersinergi dengan semua pihak,” katanya.

Kegiatan acara yang sempat diwarnai hujan tersebut, diawali dengan atraksi kolosal dan tunggal dari Ranting Yamuna dan Ranting Padangsambian. Turut hadir Ketua Dewan Pimpinan Pusat PPS Kertha Wisesa I Ketut Widiana Karya, SE, MBA, Dewan Pertimbangan Pusat (DPP) PPS Kertha Wisesa I Nyoman Suarsana Hardika, SH, serta ratusan kader, pengurus dan pelatih pencak silat se-Bali.

Diselingi dengan pemberian bingkisan/bonus kepada atlet berprestasi juara 1 di Popnas Jakarta tahun 2019, kelas i (putra), atas nama Kadek Adi Budia. Dilanjutkan dengan prosesi pembukaan selubung papan nama DPD PPS Kerha Wisesa Wilayah Bali oleh DPP PPS Kertha Wisesa I Nyoman Suarsana Hardika, SH. (zil)