Jumlah Atlet Tabanan Masuk Skuat PON Bali Meningkat

0
108
Dewa Gede Ary Wirawan (FOTO: Perspectivesnews/Sigit Winarko)

Denpasar, PERSPECTIVESNEWSJumlah atlet Kabupaten Tabanan yang memperkuat Bali ke PON XX/2020 Papua meningkat dua kali lipat dibandingkan saat PON XIX/2016 Jawa Barat. Jika di Jawa Barat tidak sampai 10 atlet, maka di PON Papua menjadi 13 atlet dari 239 atlet Bali secara keseluruhan.

Peningkatan tersebut diapresiasi Ketua Umum KONI Tabanan, Dewa Gede Ary Wirawan, yang menyebutnya sebagai bentuk keberhasilan pembinaan atlet di Kabupaten Tabanan.

“Ya, jumlah atlet Tabanan yang memperkuat Bali ke PON Papua sekarang meningkat sampai dua kali lipat serta ada di cabang olahraga (cabor) perorangan dan beregu, seperti cabor judo, karate, pencak silat, wushu, grasstrack,” ujar Gede Ary Wirawan dihubungi Minggu (1/3/2020).

Bahkan, lanjut dia, di cabor permainan seperti rugby ada 7 atlet Tabanan menjadi bagian tim PON Bali. Ini menunjukkan sistem pembinaan atlet di Tabanan “on the track”.

Dijelaskannya, hal ini berimbas dengan terpilihnya Kabupaten Tabanan sebagai tuan rumah Porprov Bali 2019 lalu karena otomatis semangat dan motivasi atlet dalam membela daerah kelahirannya menjadi berlipat ganda juga, sehingga prestasi terbaik bisa dicapai. Dan mengantarkan mereka menuju ke level yang lebih tinggi.

“Kami berharap di PON nanti mereka bisa menunjukkan kualitasnya. Sekarang tidak bicara lagi dari kabupaten atau kota mana mereka berasal, tapi membawa satu nama yakni Bali,” papar Ary Wirawan.

Dirinya juga berharap pencapaian atlet Tabanan ini bisa menular kepada atlet lainnya di Tabanan sehingga empat tahun mendatang kuantitas atlet asal Tabanan di PON bisa lebih meningkat dari sekarang. “Permintaan kami hanya jaga konsistensi dan tunjukkan bahwa kalian adalah yang terbaik dan bawa harum nama Bali. Kami dari KONI Bali dan pastinya Pemkab Tabanan akan selalu mendukung atlet untuk berprestasi,” demikian Ary Wirawan. (zil)