Optimalkan Potensi Desa, Pokdarwis Gumbrih Kembangkan Wisata Kuliner dan Paket Bermain ATV

Optimalkan potensi desa, Pokdarwis Gumbrih, Kecamatan Pekutatan mengembangkan wisata kuliner dan paket bermain ATV.

Jembrana, PERSPECTIVESNEWS Desa Gumbrih, Pekutatan  memiliki ragam potensi  yang layak dijadikan destinasi wisata unik dan menarik. Secara geografis, desa yang terletak di sebelah timur Jembrana ini, mulai berbenah ke arah desa wisata. Salah satunya melalui ide kreatif yang digagas Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sarga Nitya Gumbrih yakni wisata kuliner serta palet bermain/jasa penyewaan motor ATV.

Berdiri sejak 2018, Pokdarwis Sarga Nitya mendirikan warung wisata kuliner yang bernama Warung Segara Madu. Sesuai dengan namanya, warung ini terletak di tepi Pantai Gumbrih yang indah. Pengunjung bisa menikmati pemandangan pantai, sambil menikmati berbagai menu yang ditawarkan. Di antaranya nasi khas Bali, ayam goreng, nasi goreng serta ikan laut.

Tak hanya itu, pengunjung juga ditawarkan menikmati keindahan alam khas pedesaan dengan mengendarai motor ATV.  Banyak trek menarik dan menantang, menawarkan sensasi  petualangan sekaligus pemandangan indah.

Saat melintas dengan motor ATV, pengunjung  bisa menikmati pemandangan desa, kebun cokelat, sawah, sungai serta medan yang menantang adrenalin. “Kami sudah siapkan track kering, dan basah  yang bisa dipilih,” kata I Nyoman Melastika, Ketua Pokdarwis Sarga Nitya, saat opening Warung Segara Madu.

Dijelaskan, ide Pokdarwis mendirikan warung kuliner dan penyewaan ATV ini berawal dari kayanya Desa Gumbrih akan potensi wisata. Sebelumnya, di Gumbrih sudah ada pabrik cokelat, kebun tani Sukadame, Bali Reptil serta kelompok jukung Tirta Lestari.

“Kami tinggal mensinergikan dengan obyek-obyek yang sudah ada itu. Pengunjung warung bisa juga kita ajak ketempat –tempat tersebut. Jadi saling menguntungkan,“ terang Melastika.

Dengan anggota sejumlah 12 orang, Pokdarwis yang dipimpinnya tetap membutuhkan perhatian pemerintah. Utamanya soal infrastruktur pendukung, fasilitas umum hingga penataan masing-masing destinasi. Untuk permodalan juga sudah dibantu pemerintah Desa Gumbrih sendiri melalui BumDes.

“Warung kuliner kami saat ini sudah memiliki 4 kendaraan ATV serta dilengkapi fasilitas  WIFI gratis. Ke depan kita ingin warung ini lebih representatif, dengan penambahan  sejumlah gasebo, karena saat baru tersedia dua. Termasuk tambahan armada ATV,“ ujarnya.

Sementara Wabup Kembang Hartawan didampingi Camat Pekutatan I Wayan Yudana, di sela opening warung mengapreasiasi semangat serta kerja keras Pokdarwis. Ia memberikan dukungan penuh apa yang akan dilakukan oleh Pokdarwis setempat, serta memberikan motivasi tetap konsisten dan senantiasa kreatif. Usaha Pokdarwis ini juga dinilainya besar manfaatnya, khususnya warga desa setempat

“Saya apreasiasi semangat Pokdarwis yang mau menggali potensi desa.  Namun harus konsisten dan terus kreatif menyediakan paket-paket wisata. Misalnya, untuk ATV bisa dibuatkan dua paket, track pendek atau panjang. Jadi pengunjung ada pilihan,“ sebut Kembang.

Atas semangat Pokdarwis, Wabup Kembang mengaku siap memfasilitasi. Dari sisi bisnis, ia juga mendorong pengelola aktif menjalin kerja sama dengan agen-agen pariwisata.

“Saya ucapkan selamat atas opening ini. Sekali lagi harus rutin dan konsisten karena ini dikelola berbanyak. Kemauan yang kuat akan menghasilkan sesuatu yang hebat,“ tutupnya.     (pab)