Dua Pesepakbola Remaja Bali Berlabuh di Sportivo PSPS Riau

Kadek Reza Esterawan dan Aditia Yoga Pratama

Denpasar, PERSPECTIVESNEWS Dua pesepakbola muda Bali Kadek Reza Esterawan dan Aditia Yoga Pratama bergabung dengan klub Divisi Dua Sportivo PSPS Riau.

Reza, kelahiran Sudaji Buleleng sudah pernah gabung di tim lokal Bali, bahkan sempat masuk skuat Bali United junior dan Sportivo Buleleng. Pemain yang kini berusia 21 tahun itu mencoba peruntungannya di Riau bersama Sportivo PSPS Riau. Sedangkan Yoga adalah gelandang serang yang memulai rintisan kariernya di SSC Singapura, Borneo FC U-21, dan Perseden Denpasar.

Owner Sportivo Buleleng, yang juga salah satu pemilik Sportivo PSPS Riau Gede Pasek Suardika saat dikonfirmasi Selasa (18/2/2020) mengaku sangat mendukung dua pemain asal Bali merintis ke sepak bola nasional.

Menurut pria yang juga Sekjen DPP Hanura itu, Bali memiliki banyak potensi pemain bola yang yang berbakat. Bahkan, beberapa pemain Bali masih aktif dalam kancah sepak bola nasional seperti I Putu Gede Juni Antara, Andhika Wijaya dan beberapa pemain lainnya. Tak hanya itu banyak juga legenda sepak bola Indonesia berasal dari Bali, ada nama Pasek Wijaya, IB Mahayasa, Komang Swartama dan sebagainya.

“Bagi kami Bali itu selalu memiliki talenta-talenta berbakat dalam sepakbola,” tutur pria yang biasa disapa GPS.

Gede Pasek Suardika yang dikenal sebagai salah satu tokoh nasional dari Bali yang begitu konsen pada perkembangan sepak bola, jelas menyambut positif dua pemain ini mulai meniti karier pada jenjang yang lebih profesional.

“Bali adalah gudang pemain bola berbakat dari dulu hingga kini, potensi ini tentu harus diperkuat melalui pembangunan keolahragaan dalam hal ini sepak bola yang komprehensif dan berkelanjutan,” beber Pasek Suardika.

Untuk itu, sepak bola harus didukung semua kelompok masyarakat juga pemerintah daerah. Pemda harus memandang posisi ini sebagai sebuah kesempatan besar dalam pengembangan sepak bola Bali. “Hendaknya ke depan ini menjadi perhatian pemerintah daerah,” imbuh Pasek Suardika yang juga anggota Komite Banding PSSI ini.

Sementara itu Kadek Reza Esterawan mengaku sudah sejak kecil sangat senang dengan sepak bola. Dalam perjalanannya keseriusan menekuni sepak bola terus berlanjut. Puncaknya saat duduk di bangku SMA dengan mengikuti ekstra kurikuler sepak bola. Dan, pada akhirnya lolos seleksi sebagai pemain sepak bola Porprov Buleleng.

Untuk itu kesempatan merumput di kasta kedua sepakbola nasional, akan dimanfaatkan dengan baik. Menunjukkan kemampuan terbaiknya. (zil)