Bupati Putu Artha Pantau Ribuan Peserta Tes CPNS

Bupati Jembrana Putu Artha saat memantau penerimaan CPNS di Kantor Pengembangan Sumber Daya Manusia di Jalan Hayam Wuruk, Denpasar.

 Jembrana, PERSPECTIVESNEWS Ribuan pelamar untuk formasi CPNS Kabupaten Jembrana, selama dua hari  menguti tes tahap pertama CAT SKD (seleksi kompetensi dasar). Tes yang berlangsung di Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jalan Hayam Wuruk Denpasar itu dipantau Bupati I Putu Artha.

Dari 2.896 peserta calon ASN Kabupaten Jembrana yang sedianya mengikuti tes tahap pertama, 99 orang dinyatakan tidak hadir dengan rincian, hari pertama di ruang Melati sebanyak 28 orang, ruang Padma 42 orang. Sedangkan peserta yang tidak hadir di hari kedua, Sabtu (15/2/2020) yakni, ruang Melati 24 orang dan di ruang Padma sebanyak 23 orang.

Meski demikian, selama dua hari berlangsungnya tes, peserta mampu menyelesaikannya dengan baik dan pelaksanaan tes berjalan lancar. Hal itu terlihat saat Bupati I Putu Artha bersama ketua DPRD, Ni Made Sri Sutarmi, Sekda I Made Sudiada, Inspektur pada Inspektorat Jembrana, Ni Wayan Koriani dan beberapa pimpinan OPD melakukan pemantauan di lokasi.

Suasana ketat cukup terlihat saat peserta secara bergiliran akan memasuki ruangan. Di meja panitia sudah disiagakan para petugas administrasi sebagai syarat mutlak yang harus dipenuhi terutama yang berkaitan dengan identitas diri. Peserta yang identitasnya meragukan diminta untuk menandatangani surat pernyataan.

Itu saja belum lengkap, begitu juga peserta saat memasuki ruangan, di depan pintu masuk, petugas dari Satpol PP melakukan pemeriksaan dengan X-ray terhadap barang-barang mencurigakan yang disinyalir dibawa oleh peserta. Jika semua syarat telah dilalui dan dinyatakan tidak ada masalah, peserta disilakan masuk ke ruangan.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) I Made Budiasa kepada Bupati I Putu Artha mengatakan, selama dua hari tes berjalan sesuai harapan. “Saat ini pelamar untuk CPNS Kabupaten Jembrana diikuti sebanyak 2.896 orang. Selama dua hari pelaksanaan ini semuanya berjalan dengan baik dan lancar tanpa ada kendala berate,“ ujarnya.

Budiasa juga menegaskan, kalau peserta yang telah memenuhi passing grade akan dilanjutkan dengan tahapan yakni, Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). “Jumlah peserta yang dapat mengikuti SKB paling banyak 3 kali jumlah kebutuhan atau formasi setiap jabatan berdasarkan peringkat nilai SKD,“ tegasnya.

Bupati I Putu Artha berharap semua peserta dalam mengikuti tes SKD mampu menyelesaikan tugas dan kewajbannya dengan baik. Tes seperti ini bagi para calon CPNS merupakan tes yang benar-benar murni dan sangat transparan.

Kepada peserta dan para orang tua peserta itu sendiri, agar tidak mengira kalau tes seperti ini bisa direkayasa. Ini sangat transparan, begitu waktu dinyatakan sudah habis untuk menjawab soal-soal itu akan secara otomatis muncul nilai di layar monitor. Dengan demikian peserta dapat melihat langsung hasil atau nilainya melalui layar yang ada. Begitu juga ketika ada peserta yang tidak puas terhadap hasilnya bisa dilakukan crosschek langsung.(utu)