Gubernur Wayan Koster Apresiasi Peningkatan Prestasi Olahraga Bali

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekda Provinsi Bali I Gede Indra Dewa Putra saat membuka Rapat Anggota KONI Bali, Rabu (12/2/2020) dengan memukul gong didampingi antara lain Ketua Umum KONI Bali, Ketut Suwandi.

Denpasar, PERSPECTIVESNEWSGubernur Bali Wayan Koster mengapresiasi prestasi olahraga yang dicapai KONI Bali di ajang nasional maupun internasional. Prestasi yang diraih Bali di ajang PON 2016 lebih baik dibanding capaian pada PON sebelumnya.

“Begitu juga dengan kontribusi medali atlet Bali pada SEA Games Filipina 2019, sangat membanggakan,” ucap Gubernur Koster dalam sambutan dibacakan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekda Provinsi Bali, I Gede Indra Dewa Putra saat membuka Rapat Anggota KONI Bali, Rabu (12/2/2020) di Denpasar.

Gubernur Koster berharap apa yang sudah ditorehkan Bali baik itu di tingkat nasional maupun internasional agar ditingkatkan lagi ke depannya, dan Pemprov Bali senantiasa mensupport atas upaya-upaya yang dilakukan KONI Bali untuk prestasi yang lebih baik itu.

Sementara Ketua Umum KONI Bali, Ketut Suwandi mengatakan, Bali pada PON XIX/2016 Jawa Barat berada pada peringkat enam dengan 20 medali emas, 21 perak dan 35 perunggu. Pada PON sebelumnya di Riau tahun 2012, Bali hanya menduduki posisi sembilan dengan 15 medali emas, 18 perak dan 30 perunggu.

Suwandi mengajak kepada semua cabang olahraga di bawah naungan KONI Bali khususnya yang hendak berlaga di PON XX/2020 agar bersama-sama meraih prestasi yang lebih baik.

“Bali di PON Jawa Barat berada di peringkat enam, akankah itu mampu dipertahankan pada PON XX di Papua nanti, jawabannya ada pada semua cabang olahraga,” ucap mantan Ketua Umum KONI Badung dua periode itu.

Suwandi melanjutkan, KONI Bali sendiri akan berupaya menggapai prestasi lebih baik di PON Papua mendatang, bagaimana pun caranya. Sebab, lanjut Suwandi, meraih prestasi yang lebih baik dari sebelumnya merupakan wujud pertanggung jawaban KONI Bali kepada Pemprov Bali.

Bali, kata Suwandi, dalam setiap gelaran olahraga internasional selalu berkontribusi medali bagi Indonesia. Di SEA Games Filipina, misalnya, atlet-atlet Bali mampu meraih medali sehingga mengangkat prestasi Indonesia di ajang tersebut.

“Total ada 25 atlet Bali dengan 3 pelatih yang membela Indonesia di SEA Games itu. Dari jumlah itu, 14 atlet di antaranya berhasil menyumbang medali dengan jumlah 14 keping medali terdiri atas 5 emas, 6 perak dan 3 perunggu, ini sungguh membanggakan,” ucap Suwandi.

 Rapat Anggota KONI Bali berlangsung sehari diikuti cabor-cabor di bawah KONI Bali maupun organisasi fungsional, membahas antara lain program kerja 2020 seperti keikutsertaan Bali pada PON XX/2020 Papua, dan pemaparan Badung sebagai tuan rumah Porprov Bali 2021 mendatang. (rup)