Jelang Hari Raya Galungan, Loka POM Sidak Pasar Negara

Loka POM Kabupaten Buleleng saat sidak jajanan di Pasar Kota Negara dan melakukan uji sampel ternyata mengandung zat berbahaya.

Jembrana, PERSPECTIVESNEWS Menjelang Hari Raya Galungan dan Kuningan, Loka Pengawasan Obat dan Makanan (POM) Kabupaten Buleleng melakukan intensifikasi pengawasan makanan di Pasar Negara. Sidak yang dipimpin langsung  Kepala Loka POM Kabupaten Buleleng,  Made Ery Bahari Hantana,S.SI,Apt, selain menggandeng Diskoperindag Kabupaten Jembrana juga Dinas Kesehatan setempat.

Dalam pengawasan dan sidak yang dilakukan di sejumlah pedagang di Pasar Kota Negara, petugas menemukan produk jajanan upakara yang memiliki warna mencolok dan ternyata mengandung bahan pewarna berbahaya. Temuan tersebut setelah Loka POM melakukan uji sampel terhadap makanan atau jajanan sarana upakara yang dijual para pedagang.

Kepala Loka Pengawasan Obat dan Makanan Kabupaten Buleleng, Made Ery Bahari Hantana, S.Si,A.pt kepada sejumlah wartawan mengemukakan, ada13 produk pangan khususnya jajanan yang dicurigai mengandung bahan berbahaya.

Dari ke-13 sampel produk tersebut 11 di antaranya dilakukan uji lab. Dari hasil yang didapatkan 7 sampel yang mengandung rhodamin B.

“Dengan demikian saya berharap kepada masyarakat agar berhati-hati dan teliti jika membeli produk jajanan sara upakara,” ungkap pria asal Selat Duda, Karangsem itu sembari menambahkan jajanan yang dijadikan sampel antara lain jaja uli dan jaja begina.

Ia menegaskan, konsumen diharapkan waspada terhadap jajanan berwarna ngejreng atau mencolok dan jangan tergiur dengan warna. Jajanan seperti itu, kata dia, sangat berbahaya terhadap tubuh dan kesehatan.

“Dampaknya memang tidak seketika, namun lama-kelamaan sangat berpengaruh pada tubuh manusia,” terangnya.

Dia juga berharap tidak hanya Loka POM yang melakukan pengawasan terhadap produk-produk jajanan yang diperjual-belikan di pasar-pasar, pers juga ikut serta mengedukasi masyarakat luas agar lebih berhati-hati dalam memilih jajanan untuk sarana upakara. (utu)