Grand Master Susanto Megaranto Turut Bertarung di Event Maranatha Cup 2020

GM Susanto Megaranto dari Jawa Barat (kiri) saat menghadapi pecatur muda Bali Egar Sidi Tuhujati.

Denpasar, PERSPECTIVESNEWS Sebanyak 180 pecatur bertanding menjadi yang terbaik di ajang turnamen catur bertajuk Open Chess Tournament Maranatha Cup (OCTMC) XIII 2020 di Hotel Oranje Denpasar, mulai Selasa (11/2/2020) hingga Sabtu (15/2/2020) mendatang.

Kejuaraan catur yang berlangsung selama 5 hari itu merupakan turnamen yang digelar Gereja Protestan Indonesia di bagian Barat (GPIB) Maranatha Denpasar. Dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Olahraga Dispora Provinsi Bali, Made Dana Tenaya mewakili Gubernur Bali, Wayan Koster ditandai dengan melangkahkan buah catur.

Turnamen bergengsi ini rutin dilaksanakan tiap dua tahun sekali dan menjadi agenda tetap PB Percasi. Turnamen ini juga sebagai langkah untuk meningkatkan elo rating baik untuk Master Percasi (MP), Master Nasional (MN), Master Fide (MF), Master Internasional (MI) maupun Grand Master (GM). Salah seorang bertitel Grand Master asal Jawa Barat, Susanto Megaranto turut berkompetisi di ajang ini.

Ketua Panitia turnamen Denny Manuhutu mengatakan, kejuaraan ini diikuti seluruh Provinsi di Indonesia. Mereka demikian antusias karena ini event resmi yang mendapat rekomendasi dari PB Percasi. “Ini kalender tetap dan juga menjadi kalender PB Percasi,” terang Denny Manuhutu.

Turnamen catur ini memperebutkan hadiah total Rp 40 juta, dimana kejuaraan ini mempertandingkan 3 kategori yakni catur standar kelompok terbuka, catur standar junior U-15 dan catur cepat kelompok terbuka. Sedangkan untuk 180 peserta rinciannya terdiri dari 75 pecatur standar, 46 kelompok junior U-15, dan 59 catur cepat kelompok terbuka.

Sementara itu Sekum KONI Bali, IGN Oka Darmawan sangat memberikan sambutannya, mengapresiasi agenda rutin ini. Sehingga posisi Bali jelas diuntungkan dari sisi pemasukan pariwisata. Dengan program sport tourism pasti ada hikmah positifnya. Selain atlet yang hadir, orang tua dan keluarganya juga pasti ikut menemani.

“Kami berharap ajang ini bisa disegani dengan banyaknya peserta dan kualitas atlet itu sendiri. Kami yakin ini merupakan event bergengsi,” tandas Oka Darmawan dan berharap para peserta bertanding secara sportif.(rup)