Bali United Tundukkan Than Quang Ninh 4-1 di Piala AFC 2020

Rahmat Syamsuddin (kiri) berhasil menyumbang satu gol saat Bali United menjamu Than Quang Ninh di ajang Piala AFC 2020, di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Selasa (11/2/2020) malam. (FOTO: laman butd.com)

Gianyar, PERSPECTIVESNEWS Sempat tertinggal 0-1 di babak pertama, akhirnya Bali United sukses membalikkan keadaan dengan menggunduli Than Quang Ninh 4-1 di penyisihan Grup G Piala AFC 2020, di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Selasa (11/2/2020) malam.

Dipimpin wasit Masoud Tufaylieh dari Syiria, Bali Unifed dikejutkan oleh gol striker Than Quang Ninh, Jeremie Lynch pada menit ke-19. Tendangan kaki kirinya gagal dimentahkan kiper Nadeo Arga Winata. Padahal, Than Quang Ninh sejak menit ke-3 bermain dengan 10 orang setelah Fagan Andre Diego diusir wasit setelah mencederai Andhika Wijaya.

Justru dengan 10 pemain itulah, serangan tim dari Vietnam itu terus mengalir, dan kerap membuat pertahanan Serdadu Tridatu kalang kabut. Bahkan, Than Quang Ninh hampir menggandakan keunggulan lewat aksi Jeremie Lynch, namun kegemilangan Nadeo sukses menggagalkan tendangan keras penyerang Than Quang Ninh tersebut.

Bali United sempat mencoba menyamakan kedudukan lewat tendangan bebas yang dilakukan Fadil Sausu di menit ke-33, sayang tendangan kaki kirinya masih melambung di atas mistar gawang Than Quang Ninh yang dikawal Huynh Tuan Linh. Hingga jeda babak pertama, skor 1-0 untuk Than Quang Ninh.

Memasuki babak kedua, Bali United mencoba melakukan tekanan ke daerah pertahanan lawan. Permainan bola dari kaki ke kaki ditambah passing yang akurat, para penggawa besutan pelatih Stefano Cugurra itu mulai menemukan ritme permainannya.

Baru satu menit babak kedua berjalan atau tepatnya menit ke-46, pemain Bali United Rahmat Syamsuddin berhasil menyeimbangkan kedudukan menjadi 1-1.

Usai berhasil menyamakan skor, anak-anak Serdadu Tridatu terus mengurung pertahanan Than Quang Ninh. Tak ayal upaya itu membuat kalang kabut klub Vietnam besutan pelatih Phan Thanh Hung tersebut.

Akibat tekanan yang dilakukan Bali United itu, para pemain Than Quang Ninh banyak melakukan kesalahan sendiri, sehingga menit ke-50 giliran Melvin Platje berhasil membuat timnya unggul 2-1.

Tidak puas dengan kemenangan 2-1, anak-anak Bali United terus mengurung pertahanan Than Quang Ninh. Dan pada menit ke-73 striker Ilija Spasojevic membuat Bali United memimpin dengan 3-1 melalui titip penalti akibat pelanggaran yang dilakukan salah seorang pemain lawan.

Defisit dua gol dan di sisa waktu yang kian pendek, para pemain Than Quang Ninh berupaya mengejarnya meski mereka bermain dengan 10 orang. Namun karena kokohnya lini bertahan Bali United, serangan sporadis yang dilakukannya gagal menjebol gawang Nadeo. Sebaliknya, Bali United berhasil memperbesar kemenangan menjadi 4-1 melalui gol Melvin Platje di menit ke-77. Gol Melvin sekaligus menjadi penutup laga.

Dengan kemenangan ini Bali United dengan poin 3 berada di posisi kedua klasemen Grup G di bawah Ceres dengan poin sama. Sedangkan Than Quang Ninh tanpa nilai berada di posisi tiga sama dengan Svay Rieng yang belum menang. Empat tim ini baru melakukan sekali laga. (git)