Nilai Sakip Naik, Bupati Artha Minta Program Berorientasi Hasil

Bupati Jembrana Putu Artha menerima penghargaan Sakip Award 2019 dari Kementerian PAN RB.

Jembrana, PERSPECTIVESNEWS Pemkab Jembrana kembali mendapat predikat B dalam penghargaan Sakip Award 2019 oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemen PAN RB).

Meski rapor yang diperoleh tetap B, tapi nilai laporan hasil Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintahan (Sakip) itu naik dibandingkan tahun sebelumnya.

“Nilai Sakip Pemkab Jembrana tahun 2019 mengalami peningkatan, yakni dari 66,83 di tahun 2018 menjadi 67,39 tahun 2019 dengan kategori B. Saya minta predikat itu bisa ditingkatkan serta dalam penyusunan program ke depan senantiasa berorientasi hasil demi kesejahteraan masyarakat,” ungkap Artha usai ekpose penghargaan bersama Sekda I Made Sudiada, Kepala Bappeda Litbang I Ketut  Swijana serta Kabag Organisasi I Ketut Santiyasa, baru-baru ini.

Lebih lanjut Artha mengatakan, langkah-langkah meningkatkan predikat Sakip sudah dilakukan diantaranya membangun sistem IT yang terintegrasi bahkan untuk E- Sakip 2019  sudah ada pendampingan dari BPKP. Namun yang terpenting menurutnya adalah merubah pola pikir. Bagaimana merubah jika sebelumnya hanya sebatas merealisasikan pagu anggaran ke pola pikir hasil/dampak program  sesuai tertuang dalam visi misi kabupaten.

“Saya apresiasi kenaikan nilai Sakip ini dan penghargaan yang diberikan pihak Kementerian. Capaian ini wujud kerja keras dan sinergi OPD. Ke depan tentu harus berbenah  dan tidak boleh puas untuk kategori B saja,” terangnya.  (utu)