Perkemi Bali Tambah Dua Lagi Atlet ke PON XX Papua

Murtiana (FOTO: Ist)

Denpasar, PERSPECTIVESNEWS Di saat KONI Bali hendak melaunching pelatda yang nantinya dihuni atlet-atlet PON, Pengprov Persaudaraan Shorinji Kempo (Perkemi) Bali menambah lagi dua kenshinya lolos PON xx/2020 Papua. Kepastian menambah dua kenshi itu menyusul turunnya surat dari PB Perkemi.

Dengan tambahan dua kenshi lagi itu, maka nantinya atlet kempo penghuni pelatda Bali berjumlah 11 atlet karena sebelumnya sebanyak sembilan kenshi telah lolos PON XX/2020 Papua melalui ajang Prakualifikasi PON.

“Benar memang, ada tambahan dua kenshi yakni putra dan putri Bali yang lolos PON sehingga total kenshi Bali yang lolos PON yakni 11 putra dan putri,” ucap Wakil Ketua Umum Pengprov Perkemi Bali, Fredrik Billy, Rabu (5/2/2020).

Billy menambahkan, dua kenshi tambahan melalui SK PB Perkemi itu, yakni Murtiana di nomor randori kelas 60 kg putri dan Gede Indrawan nomor randori kelas 70 kg putra.

Sebelas kenshi tersebut nantinya bakal turun di 6 randori masing-masing 3 randori putra dan 3 randori putri, serta 3 nomor embu beregu dan 8 nomor embu kumi dengan totak kelas yang diikuti yakni 17 kelas untuk Bali.

“Kami berharap nantinya KONI Bali mampu mengirimkan semua kenshi Bali itu dan menjadi penghuni pelatda Bali karena mereka sebagian besar merupakan juara 1 sampai juara 3 para Pra-PON kempo, termasuk di Porprov Bali maupun di kejuaraan nasional (kejurnas) yang diikutinya selama ini,” tambah Billy.

Pria yang juga Bidang Hukum dan Etika KONI Bali tersebut juga menegaskan pertimbangan berharap semuanya dikirim ke PON Papua, karena di PON Papua nanti hanya mempertandingkan 8 besar yang lolos PON dari Pra-PON lalu, sehingga menang sekali saja sudah minimal perunggu di tangan. Dan ke-11 kenshi PON Bali itu memiliki potensi yang sangat besar untuk meraih medali di Papua.

“Apalagi para kenshi itu juga lolos PON melalui ajang Pra-PON yang ketat karena menggunakan sistem kompetisi nasional dengan melibatkan 32 provinsi di Indonesia, dan bukan dengan sistem wilayah atau grup,” ujar Billy.

Sebelas kenshi Bali tersebut, kata Billy yang juga seorang lawyer ini, kini sedang melakoni pelatda Perkemi Bali yang sudah setahun lebih berjalan dengan latihan rutin empat kali dalam sepekan di dojo PLN Bali dan latihan fisik di lapangan Renon.(git)