Penghuni Pelatda PON Papua Tak Lebih dari 200 Atlet

Nyoman Yamadhiputra (FOTO: dok)

Denpasar, PERSPECTIVESNEWS – KONI Bali yang kini tengah melakukan verifikasi untuk atlet yang layak masuk Pelatda Bali memprediksi jika jumlah atlet penghuni Pelatda Bali nantinya di bawah 200 atlet, di luar 10 cabang olahraga (cabor) yang sekarang ini masih ditunggu kepastiannya untuk dipertandingkan di PON XX/2020, yang bakal dilangsungkan di Jawa Timur.

“Memang perkiraan kami penghuni Pelatda Bali nantinya di luar atlet dari 10 cabor yang kini masih ditunggu kepastiannya untuk dipertandingkan di Jawa Timur, sekitar jumlah tersebut. Keputusan final jumlah pastinya yakni pada 14 Februari 2020 mendatang,” ujar Binpres KONI Bali, Nyoman Yamadhiputra, Senin (3/2/2020).

Dalam proses verifikasi sekarang ini atlet yang dipilih untuk menghuni Pelatda Bali juga masih dalam tahap juga untuk dilakukan crossing dengan pihak pengprov cabang olahraga (cabor) masing-masing.

“Ya soal verifikasi atlet yang tepat juga akan melibatkan pengurus cabor apakah itu pelatih atau pengurus terkait dengan atletnya yang potensial. Kami melakukannya dengan sungguh-sungguh dan serius sehingga hasilnya nanti benar-benar sesuai dengan yang diharapkan KONI Bali. Pasalnya penentuan atlet itu memang murni kewenangan pelatih,” tambah pria yang juga Ketua Umum Pengprov FOPI Bali itu.

Langkah setelah ditentukan dan dipastikan sekaligus diputuskan sebagai atlet Pelatda Bali versi Yamadhiputra, bakal dilanjutkan dengan tes fisik perdana atau awal di KONI Bali pada 14-15 Februari 2020. “Tes fisik itu dilakukan di Bali dengan 10 komponen biomotor serta ada tes kesehatan dan tes psikologis. Dan nantinya juga ada 4 komponen juga untuk penentuan atlet yang memang membutuhkan kebugaran tinggi untuk tes ada yang lainnya. Contohnya seperti biliar atau catur level komponennya pasti berbeda dengan atlet yang menggunakan tenaga dan kebugaran sangat bagus seperti silat dan karate atau cabor lainnya,” pungkasnya. (rup)