GM Megaranto Mengonfirmasi Bakal Hadir di Kejuaraan Catur OCTMC XIII 2020

Denny Manuhutu (FOTO:ist)

Denpasar, PERSPECTIVESNEWSGrand Master Susanto Megaranto dipastikan tampil pada turnamen catur bertajuk Open Chess Tournament Maranatha Cup (OCTMC) XIII 2020 yang bakal dilangsungkan di Hotel Oranjee Denpasar, 11 – 15 Februari 2020 mendatang.

Seperti diutarakan Ketua Panitia turnamen ini, Denny Manuhutu bahwa kepastian GM Susanto Megaranto turut ambil bagian sesuai dengan konfirmasi yang diberikannya kepada pihak panitia. Sebelumnya pada Desember 2019 GM Susanto Megaranto menyatakan tidak bisa tampil karena  bertepatan dengan persiapan Kejuaraan Dunia  di Rusia.

“Syukurlah GM Susanto Megaranto akhirnya mengutarakan bisa tampil di event ini nantinya. Ini artinya kualitas dari turnamen OCTMC tetap terjaga dengan bagus. Sampai sejauh ini peserta sudah mencapai 160 pecatur,” ungkap Denny Manuhutu, Minggu (2/2/2020).

Jumlah peserta itu disebutkannya datang dari Bali sendiri, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Barat, NTB, DKI Jakarta, Banten, Papua, DI. Yogyakarat dan Ambon. Ditambahkannya,  awalnya  panitia hanya membatasi 150 peserta saja namun  karena  permintaan  dari  provinsi- provinsi lainnya dengan  nama-nama waiting list yang belum membayar pendaftaran sekitar 60 pecatur, akhirnya panitia mengusahakan untuk menampung para peserta  sampai dengan  225 peserta.

“Membludaknya peserta itu karena animo masyarakat pencinta catur di Tanah Air ini sangat besar karena turnamen yang pelaksananya Gereja Protestan  Indonesia  di bagian Barat (GPIB) Maranatha Denpasar, merupakan turnamen bergengsi yang secara rutin dilaksanakan serta  menjadi agenda tetap PB Percasi. Bahkan banyak para pecatur menjadikan turnamen ini sebagai langkah untuk meningkatkan elo rating mereka baik untuk  Master Percasi (MP), Master Nasional ( MN), Master Fide ( MF), Master Internasional (MI) maupun Grand Master (GM),” tambah Denny Manuhutu.

Sementara itu, sterring committee sekaligus Ketua II Pelaksana Majelis Jemaat ( PHMJ) GPIB Maranatha Denpasar Fredrik Billy mengutarakan jika panitia sudah siap menggelar turnamen tersebut. “Hadiah total Rp40 juta dan mempertandingkan 3 kategori yakni catur standar kelompok terbuka, catur standar junior U-15 dan catur cepat kelompok terbuka. Rekomendasi dari PB Percasi juga sudah turun,” tukas pria yang juga bidang Hukum dan Etika KONI Bali itu. (rup)