DPR Jadwalkan Panggil Erick Tohir dalam Kasus Jiwasraya

Andre Rosiade. (FOTO: ist)

Padang, PERSPECTIVESNEWSKomisi VI DPR RI dijadwalkan memanggil Menteri BUMN Erick Thohir terkait kasus PT Asuransi Jiwasraya, pada Rabu (29/1/2020). Selain Erick Thohir, bersamaan pula akan didengar penjelasannya jajaran direksi PT Asuransi Jiwasraya.

“Kami akan panggil Menteri BUMN dan direksi Jiwasraya pada hari Rabu 29 Januari 2020 mendatang. Kami akan tanya apa yang akan mereka lakukan ke depannya, termasuk bagaimana menyelamatkan uang nasabah,” kata anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade di Padang, Minggu (26/1/2020).

Namun sebelum memanggil Menteri BUMN dan jajaran direksi PT Asuransi Jiwasraya, kata Andre, Panitia Kerja (Panja) Komisi VI DPR terlebih dulu memintai keterangan dari sejumlah pakar untuk didengarkan pendapatnya, mulai dari pakar asuransi, investasi saham, hingga asuransi lainnya.

Pemanggilan para pakar tersebut, imbuh Andre, akan dilakukan pada hari Senin 27 Januari 2020. Dari keterangan pakar itu, kata dia, akan dicari tahu bagaimana mengelola perusahaan asuransi dengan baik, cara mengelola investasi baik saham, maupun dana reksa.

Mengingat pada rapat 16 Desember 2019 pihak Jiwasraya berjanji paling lama penggantian uang itu pada bulan Maret. “Itu yang akan ditagih,” katanya.

Setelah itu, mencari tahu apa rencana yang akan dilakukan untuk menyelamatkan Jiwasraya ke depan, bagaimana proses investor yang ingin masuk, dan lainnya.

Ia berjanji Panja Jiwasraya Komisi VI akan bekerja keras untuk mengupayakan uang nasabah serta memastikan ada perubahan di perusahaan milik negara tersebut.

Kejaksaan Agung telah menetapkan status tersangka terhadap lima orang dalam penyidikan kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam pengelolaan keuangan dan dana investasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

Kelimanya adalah Komisaris PT Hanson International Tbk Benny Tjokrosaputro, Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk (TRAM) Heru Hidayat.

Berikutnya, mantan Direktur Keuangan PT Asuransi Jiwasraya Harry Prasetyo, mantan Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya Hendrisman Rahim, dan mantan Kepala Divisi Investasi dan Keuangan PT Jiwasraya Syahmirwan. (red)