Sekda Adi Arnawa Tutup Bimtek Perbekel dan BPD se-Badung

Sekda Wayan Adi Arnawa (tengah) saat menutup pelaksanaan Bimtek Perbekel dan BPD se-Kabupaten Badung.

Badung, PERSPECTIVESNEWS – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa menutup pelaksanaan Bimtek Perbekel dan BPD (Badan Permusyawaratan Desa) se-Kabupaten Badung, Selasa (21/1/2020). Kegiatan tersebut merupakan langkah mewujudkan sinergitas pembangunan di Kabupaten Badung.

“Terlebih desa merupakan pemerintahan terdepan dalam pembangunan nasional, dimana semangat kerja antara pemerintah dan masyarakat terjalin dalam satu tujuan, yaitu terwujudnya kesejahteraan masyarakat,” ungkap Sekda Adi Arnawa saat menutup Bimtek yang berlangsung di Hotel Aston Denpasar itu.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Kepala Kejaksaan Negeri Badung Hati Wibowo, S.H., M.H, Kadis PMD Komang Budi Argawa, Undangan dari OPD terkait dan para peserta dari perbekel dan BPD se-Kabupaten Badung.

Lebih lanjut Adi Arnawa mengharapkan agar melalui kegiatan Bimtek ini dapat meningkatkan kompetensi bagi Perbekel dan para anggota BPD sebagai mitra pemerintah desa, terlebih bagi anggota BPD yang terlibat dan bertanggung jawab langsung dalam penyusunan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) sebagai rencana keuangan tahunan pemerintahan desa yang dibahas dan disetujui bersama oleh pemerintah desa dan BPD, yang ditetapkan dengan peraturan desa.

Untuk itu diingatkan kegiatan ini bukan hanya bersifat seremonial semata namun terkandung maksud yang teramat luhur yakni sebagai upaya untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang sering muncul di desa.

“Saya mengharapkan agar para peserta dapat mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang telah didapat melalui kegiatan ini dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan kepada masyarakat dengan lebih cepat, tepat, terencana, terstruktur dan terukur, ” harapnya.

Lebih lanjut dikatakan, Perbekel bersama BPD mempunyai tugas menyusun rencana pembangunan secara partisipatif, menggerakkan swadaya gotong royong masyarakat, melaksanakan dan mengendalikan pembangunan.

Dengan terbangunnya kerjasama yang harmonis antara Perbekel dan BPD, maka akan terwujud kinerja penyelenggaraan pemerintahan desa yang efektif dan efisien guna terwujudnya kesejahteraan masyarakat. Membangun dan meningkatkan kapasitas masyarakat, sehingga semua potensi, peluang, kendala dan tantangan dapat dikelola dengan sebaik-baiknya untuk memberikan manfaat positif bagi kemajuan masyarakat.

“Mari kita bangun suatu kesadaran bersama bahwa pembangunan tidak hanya menjadi beban sepihak pemerintah, namun ada pula hal-hal yang menjadi porsi masyarakat secara swadaya,” ujar Sekda.

Sementara itu Kadek Sukarma selaku Ketua Forum Perbekel Kabupaten Badung menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemkab Badung yang telah memberikan fasilitas Bimtek yang telah dilaksanakan selama dua hari.

Pihaknya juga mengapresiasi para narasumber yang telah memberikan materi, sehingga apa yang menjadi hambatan, rintangan termasuk pertanyaan selama ini yang belum mendapatkan jawaban akhirnya melalui kegiatan Bimtek di tempat ini semuanya mendapatkan jawaban dalam meningkatkan kapasitas peserta dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi masing-masing.   (gde)