Musrenbang Kecamatan Densel Prioritaskan Peningkatan Infrastruktur

0
80
Kepala Bappeda Kota Denpasar, I Putu Wisnu Wijaya Kusuma didampingi Camat Densel, I Wayan Budha saat membuka Musrenbang Kecamatan Denpasar Selatan, Selasa (21/1/2020).

Denpasar, PERSPECTIVESNEWS Musyawaran Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang diadakan Kecamatan Denpasar Selatan di Ruang Pertemuan Madu Sedana, Desa Sanur Kauh, Selasa (21/1/2020), memprioritaskan peningkatan infrastruktur, seperti rehabilitasi atau pemeliharaan jalan dan jembatan. 

Musrenbang dibuka Kepala Bappeda Kota Denpasar, I Putu Wisnu Wijaya Kusuma didampingi Camat Densel, I Wayan Budha. Musrenbang yang diadakan ini berdasarkan usulan Musrenbang Desa/Kelurahan se-Densel, Desember 2019. Hadir dalam kesempatan ini, Muspika Kecamatan Densel, Ketua TP PKK Densel, perbekel/lurah se-Densel, tokoh masyarakat dan undangan terkait lainnya.

Kepala Bappeda Kota Denpasar, I Putu Wisnu Wijaya Kusuma mengatakan, Musrenbang berfungsi sebagai forum untuk menghasilkan kesepakatan pelaku pembangunan tentang rancangan RKPD, yang menitikberatkan pada pembahasan untuk sinkronisasi pogram Pemkot Denpasar dan masyarakat dalam pencapaian tujuan pembangunan daerah.

Menurutnya, berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD)  Semesta Berencana Kota Denpasar tahun 2016-2021, maka arah kebijakan pembangunan tahun kelima (tahun 2021) dilaksanakan untuk memastikan keberlanjutan upaya-upaya yang telah dilaksanakan dalam periode pembangunan selama empat tahun dan di tahun kelima, kebijakan pembangunan daerah menekankan pada pembangunan sumber daya manusia masyarakat dan pertumbuhan ekonomi dengan peningkatan kualitas infrastruktur.

Lebih lanjut ia menjelaskan penanganan masalah pembangunan yang mendesak seperti pelayanan kesehatan, pelayanan pendidikan dan pembangunan infrastruktur sarana dan prasarana wilayah harus menunjukkan hasil nyata di lapangan yang dapat dirasakan masyarakat serta adanya perkembangan berarti dalam peningkatan pelayanan publik, dan memberi nilai kemanfaatan bagi masyarakat.

“Pertumbuhan pembangunan di Kota Denpasar yang terus mengalami perubahan, baik dalam bidang pembangunan fisik, ekonomi maupun sosial budaya, sehingga membuktikan adanya dampak bagi kemajuan Kota Denpasar pada umumnya dan Denpasar Selatan pada khususnya,” ungkap Wisnu.

Dalam Musrenbang ini ia berharap para peserta dapat memperhatikan, merencanakan pogram yang menyentuh kepentingan masyarakat, guna dapat mengatasi permasalahan-permasalahan yang timbul.

Sementara  Camat Densel, I Wayan Budha, mengatakan Musrenbang diadakan untuk membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan yang menjadi program prioritas  pembangunan di wilayah Kecamatan Densel, membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan desa/kelurahan, serta menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi perangkat daerah kota.

Ditambahkan Budha, untuk usulan proyek yang dibahas dalam Musrenbang Kecamatan Densel sebanyak 48 usulan, dengan rincian bidang infrastruktur dan kewilayahan dengan dana Rp 400.541.691.986.(ari)