Gagal di Liga Champions Asia, Bali United Main di Piala AFC 2020

Willian Pacheco mendribling bola hingga ke jantung pertahanan Melbourne Victory saat Bali United kalah 0-5 dari tuan rumah tersebut. (FOTO: laman butd)

Denpasar, PERSPECTIVESNEWS – Bali United dipastikan gagal melanjutkan langkahnya di ajang Liga Champions Asia (LCA) setelah di preliminary 2 kalah 0-5 dari tuan rumah Melbourne Victory, di AAMI Park Stadium, Melbourne Selasa (21/1/2020). Selanjutnya Serdadu Tridatu bakal berlaga di Piala AFC 2020.

Bertanding di kandang lawan, Serdadu Tridatu banyak mendapat tekanan dari Melbourne Victory yang kemarin bermain dalam tempo cepat. Menit ke-7 Melbourne Victory mendapat peluang lewat tendangan keras Andrew Nabbout, namun masih melambung di kanan gawang Wawan Hendrawan.

Menit ke-14 Melbourne Victory berhasil membuka keunggulan lewat tendangan gelandang mereka Josh Hope yang tidak mampu ditepis Wawan Hendrawan. Skor 1-0 untuk tuan rumah Melbourne Victory.

 Tidak berhenti di situ, tuan rumah terus mengurung pertahanan Bali United, yang sesekali melakukan perlawanan. Menit ke-20 peluang diperoleh Bali United lewat sundulan Melvin Platje memanfaatkan umpan Fadil Sausu, namun sayang bola melebar di kiri gawang Melbourne Victory.

 Peluang kembali didapat tim Serdadu Tridatu  pada menit ke-27. Berawal dari umpan Dias Angga yang langsung disambut tendangan kaki kanan Melvin Platje, sayang bola membentur kaki pemain belakang tuan rumah dan melambung di atas gawang Melbourne Victory.

 Peluang emas berikutnya kembali hadir pada menit 30. Berawal dari penetrasi Ricky Fajrin yang sukses melewati salah seorang pemain Melbourne Victory dan langsung memberikan umpan ke dalam kotak penalti. Sayang sontekan Melvin Platje masih melambung di atas gawang Melbourne Victory.

 Keasyikan menyerbu pertahanan Melbourne Victory, gawang Wawan Hendrawan kembali harus kebobolan pada menit ke-38 lewat sontekan jarak dekat Josh Hope, skor 2-0 untuk Melbourne Victory yang bertahan hingga jeda laga.

Babak kedua laga tetap berlangsung dalam tempo cepat. Pada menit ke-58 tuan rumah Melbourne Victory berhasil menambah keunggulan lewat sontekan jarak dekat Robbie Krusse memanfaatkan umpan dari sisi kanan pertahanan Bali United. Serdadu Tridatu pun kian terpuruk dengan defisit 3 gol.

 Kondisi ini membuat tim pelatih Bali United melakukan beberapa pergantian dengan memasukkan Rahmat dan Sidik Saimima menggantikan Yabes Roni dan Fadil Sausu.

 Hasilnya mulai terlihat pada menit ke-70 saat Rahmat mendapatkan peluang emas di depan gawang Melbourne Victory, namun sayang tendangannya melambung di atas gawang lawan.

 Begitu juga dengan peluang lewat tendangan kaki kanan Melvin Platje semenit berselang, namun juga melambung di atas gawang Melbourne Victory.

 Menit ke-81 Melbourne Victory kembali memperlebar jarak lewat gol Ola Toivonen. Tendangan keras kaki kanannya memaksa Wawan Hendrawan memungut bola dari dalam gawangnya.

 Kendati telah unggul 4 gol tanpa balas, namun Melbourne Victory seakan kurang puas, ini dibuktikan ketika menit ke-90 mereka menambah gol lewat Elvis Kamsoba yang melepaskan tendangan jarak dekat setelah sebelumnya sukses menerobos pertahanan Bali United. Skor berubah 5-0 untuk tuan rumah, dan bertahan hingga laga pungkas. Dengan hasil ini maka langkah Bali United menuju penyisihan grup Liga Champions Asia 2020 harus terhenti dan tim Serdadu Tridatu otomatis akan berlaga di turnamen Piala AFC 2020.(rup)