Jadi Tuan Rumah Porprov Bali, PBVSI Badung Usulkan Bangun Lapangan Voli Pasir

AA Bagus Kusimantara

Mangupura, PERSPECTIVESNEWSPengkab Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Badung mengusulkan kepada pemerintah setempat membangun lapangan bola voli pasir mengingat Porprov Bali XV/2021 digelar di Kabupaten Badung dan Badung belum mempunyai venue untuk itu.

“Kami mengusulkan ke pemerintah untuk membangun venue untuk cabang olahraga voli pantai (pasir) untuk menunjang jalannya multi event dua tahunan tersebut. Pengajuannya pun sudah kami sampaikan ke Pemkab Badung melalui KONI Badung,” ucap  Ketua Pengkab PBVSI Badung, AA Bagus Kusimantara, Minggu (19/1/2020).

Ia mengatakan, rencananya lapangan tersebut bisa dibangun di areal GOR Purna Krida, Kerobokan. Atau tepatnya di sebelah sudut barat-selatan GOR. “Pengajuan anggarannya Rp 900 juta sampai Rp 1 miliar. Mudah-mudahan bisa diwujudkan,” ucap AA Bagus Kusimantara menambahkan.

Dipaparkannya, gambaran dari lapangan itu sendiri nantinya berisikan tribun penonton. Dan sudah pasti, standarisasi lapangannya nanti mengacu ke nasional.

“Untuk kedalamannya sendiri, itu ada aturannya. Tanah dikeruk sampai 30 cm dengan panjang dan lebar sesuai dengan standar nasional. Barulah tanah tersebut ditambah dengan pasir. Yang paling bagus itu pasir berwarna putih, karena meminimalisir panas,” ungkap Kusimantara.

Jika direalisasikan, gaung dari cabor voli untuk Porprov Bali 2021 nanti pasti bakal seru. Mengingat di GOR tersebut, dipertandingkan juga voli indoor yang rencana digelar di GOR Purna Krida.

“Semoga Pemkab Badung bisa mewujudkannya, melihat prestasi voli Badung baik indoor dan outdoor yang selalu memberikan prestasi terbaik untuk Badung tiap event Porprov Bali,” tegas Kusimantara yang kesehariannya berprofesi sebagai jaksa ini.

Voli pasir atau outdoor sendiri terutama di multievent Porprov Bali, baru pertama kali dipertandingkan secara resmi di Tabanan pada 2019 lalu. Awalnya, voli pasir rencana digelar saat Porprov Bali 2017 di Gianyar, namun dibatalkan.

Di Badung sendiri, saat ini salah satu atletnya juga sempat membela timnas Indonesia pada saat kejuaraan dunia 4×4 di Qatar belum lama ini atas nama I Ketut Ardana.

Peran Ardana di timnas voli pasir Indonesia itu turut mempersembahkan medali perunggu untuk Merah Putih. Bahkan, Ardana juga memberikan medali emas untuk Bali di ajang Pomnas 2019.(rup)