Walikota Cup 2020 Tidak Mempertandingkan Sepak Bola

0
133
Gede Made Anom Prenatha

Denpasar, PERSPECTIVESNEWSCabang olahraga sepak bola yang notabene paling favorit, ternyata tidak dipertandingkan pada helatan Walikota Cup 2020, Februari mendatang. Bahkan, absennya sepak bola tidak saja kali ini, melainkan tahun lalu juga.

Sekretaris Askot PSSI Denpasar, Gede Made Anom Prenatha mengatakan, berbeda dengan sepak bola, untuk cabor futsal pada Walikota Cup 2020 tetap dipertandingkan seperti tahun-tahun sebelumnya.

Anom Prenatha yang juga Sekretaris Perseden ini mengatakan, sepak bola absen lantaran biaya penyelenggaraannya cukup tinggi. Meski demikian hal itu tidak masalah jika dikaitkan untuk pembibitan atau memunculkan pemain muda Denpasar.

“Walaupun absen di Walikota Cup, namun Denpasar tidak akan kekurangan pemain muda, karena ada kompetisi rutin sampai ke depannya dalam bentuk kompetisi internal PSSI Denpasar atau Perseden. Jadi pembinaan tetap jalan. Semisal ada kompetisi U-15, U-19, U-21 sampai turnamen-turnamen rutin usia dini yang selama ini digelar di Denpasar,” ujar Anom Prenatha, Kamis (16/1/2020).

Sementara untuk rutinitas futsal yang digelar di Walikota Cup tahun ini, kemungkinan besar dipertandingkan khusus pelajar dalam hal ini dari SMP atau setingkat, karena tahun lalu sudah kalangan pelajar SMK atau SMA.

Tak dipungkirinya, untuk futsal sendiri perkembangan di sekolah-sekolah cukup pesat, bahkan jumlah tim dari sekolah baik SMP maupun SMA selalu meningkat jumlahnya yang ambil bagian di Walikota Cup.

“Ini merupakan perkembangan bagus untuk dunia futsal di Denpasar, sehingga banyak bibit pemain yang mencuat untuk memperkuat Denpasar maupun Bali, di event-event nasional maupun internasional. Sekarang saja ada sekitar 24 tim futsal kalangan pelajar SMA serta sekitar 50 tim futsal dari SMP,” tambah Anom Prenatha.

Hal itulah nantinya yang bakal menutup putusnya jenjang usai pemain muda berkualitas di Porprov Bali, pasca juara di Porprov Bali XII/2015 di Buleleng mendatang, yang membuat Denpasar gagal juara di Porprov Bali XIII/2017 di Gianyar dan di Porprov Bali XIV/2019 di Tabanan lalu.(rup)