Warga Negara Vietnam Terancam Pidana 15 Tahun karena Kokain

0
81
Dang Quang Tuan (36) usai menjalani persidangan dengan agenda pembacaan dakwaan.

Denpasar, PERSPECTIVESNEWS Dang Quang Tuan (36) terancam pidana 15 tahun karena membawa masuk narkoba jenis kokain ke Bali. Hal itu terungkap saat persidangan di Pengadilan Negeri Denpasar, Kamis (9/1/2020).

Jaksa Penuntut Umum (JPU) I Putu Oka Surya Atmaja dalam surat dakwaannya di hadapan majelis hakim diketuai Ida Ayu Nyoman Adnya Dewi, menerangkan tindak pidana yang dilakukan pemegang pasport No.C7533881 itu terjadi pada hari Minggu, 4 Agustus 2019 sekitar pukul 10.50 Wita.

Kala itu, sebut jaksa, terdakwa tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dengan menumpang pesawat MI 176 dari Singapura. Kemudian para petugas Bea Cukai pada Pos Pemeriksaan Bandara Kedatangan Internasional Ngurah Rai melakukan pemeriksaan terhadap para penumpang.

Saat memeriksa menggunakan sinar X-Ray terhadap terdakwa terdeteksi sesuatu mencurigakan pada barang bawaannya. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan mendalam terhadap tas yang dibawa terdakwa.

“Di dalam tas petugas menemukan 1 lembar uang pecahan dua dolar Amerika yang berisi serbuk putih diduga kokain, 2 plastik klip berisi kokain, 3 tabung kaca masing-masing berisi cairan warna cokelat yang diduga mengandung narkotik jenis ganja,” ungkap jaksa dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Denpasar itu.

Mengetahui hal itu, pihak Bea Cukai langsung berkoordinasi dengan kepolisian Polresta Denpasar. Kemudian dilakukan interogasi dan terdakwa mengaku mendapat narkotik jenis kokain diberikan cuma-cuma oleh temannya di Bar 1900 di Vietnam.

Sedangkan botol kaca berisi cairan diduga ganja itu diberi temannya oleh-oleh dari Amerika. Dimana narkotik itu rencananya akan dikonsumsi terdakwa saat liburan di Bali.

“Berdasarkan berita acara penimbangan, 2 paket kokain beratnya 0,82 gram. Sedangkan cairan diduga ganja beratnya 0,55 gram,” urai Putu Oka.

Atas perbuatannya ini, jaksa Oka menjerat pria lulusan S1 itu dengan 3 Pasal yakni Pasal 112 ayat (1), Pasal 113 ayat (1) dan Pasal 127 ayat (1) huruf a, UU RI No 35 tahun 2009 tentang Narkotika.(zil)