Tarung Derajat Kantongi Peta Kekuatan Lawan di PON XX Papua

0
97
AA Bagus Tricandra Arka

Denpasar, PERSPECTIVESNEWS – Pengprov Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Bali sudah mengetahui kekuatan calon lawan mereka dalam ajang PON 2020 mendatang. Terutama di kelas tarung bebas dimana di kelas ini Bali meloloskan 8 petarung.

Hal itu diutarakan Sekretaris Umum Kodrat Bali, AA Bagus Tri Candra Arka. Menurutnya, mereka yang lolos ke PON Papua nanti adalah yang terbaik dari babak kualifikasi di Pra-PON lalu.

“Kalau di Pra-PON lalu memang semua provinsi buta dengan kekuatan lawan. Tapi, kalau di PON, petarung yang lolos kan otomatis sedikit, karena kuotanya sangat terbatas untuk satu kelas,” ujar Tri Candra Arka, Kamis (9/1/2020).

Dijabarkannya, untuk satu kelas di nomor tarung bebas bisa diikuti oleh maksimal 6 sampai 7 petarung. Dan petarung yang tampil hanya itu-itu saja, jadi sudah dipahami gaya tarung maupun kekuatan calon lawan Bali. “Kecuali Provinsi Papua yang tidak ikut Pra-PON, karena statusnya sebagai tuan rumah PON 2020,” imbuhnya.

Hanya saja, bagi Bali, justru ada sedikit beban di PON nanti karena statusnya sebagai juara umum dalam ajang Pra-PON lalu dengan raihan 5 emas. Belum lagi target dari KONI Bali yang setidaknya minimal bisa mempertahankan 2 emas seperti pencapaian saat PON 2016 dan meningkatkannya menjadi 3 keping di perhelatan PON kali ini.

Begitu juga, provinsi yang sempat dikalahkan Bali di Pra-PON, pasti siap membalas kekalahan mereka dan mengincar Bali di PON nanti.

“Untuk itu, kami sesegera mungkin akan menggelar desentralisasi. Minggu depan kami rapatkan semua dengan pengurus dan dewan pelatih untuk program awal bagi petarung PON Bali,” tegas pria yang karib disapa Gung Cok ini.

Pihaknya juga berharap KONI Bali bijaksana dalam penentuan kuota untuk tarung derajat, karena para petarung Bali yang lolos menuju PON ini semuanya sangat berpeluang menyumbang medali. Belum lagi perjalanan petarung untuk mencapai medali dengan melalui beberapa kali pertandingan, bahkan bertemu dengan provinsi unggulan.(rup)