KONI Ingin Cabor Transparan soal Peluang Atletnya di PON Papua

0
89
Ketut Suwandi

Denpasar, PERSPECTIVESNEWS KONI Bali menghendaki adanya transparansi dari masing-masing cabor terkait peluang mendapatkan medali di ajang PON XX/2020 Papua mendatang. Karena itu, KONI Bali bakal memanggil pengurus cabor untuk menjelaskan semua itu.

 “Ya nantinya untuk penentuan atlet per cabor yang dikirim ke PON Papua kami panggil pengprov cabor satu per satu. Mereka nantinya akan kami minta target realistisnya untuk peluang raihan medali atletnya,” ucap Ketua Umum KONI Bali, Ketut Suwandi di ruang kerjanya, Rabu (8/1/2020).

Pemanggilan pengprov cabor yang atletnya lolos PON, kata Suwandi, termasuk secara detil berapa jumlah atlet yang berpeluang meraih medali dengan ranking di ajang Pra-PON yang diikuti sehingga tidak asal-asal saja atlet lolos PON Papua, pasti langsung dikirim.

Disebutkannya, semua itu nantinya dilakukan secara transparan dan terbuka dengan unsur kejujuran yang ditonjolkan. Jadi tidak ada lagi istilah target yang dibuat-buat hanya demi mengirimkan atlet yang banyak.

“Nanti semuanya harus jujur. Pengprov cabor harus benar-benar memancang target yang sesuai dan mengerti akan peluang atletnya dalam meraih medali di PON Papua. Kami juga pastinya memiliki data yang akurat, dengan pemahaman Pra-PON yang digelar itu apakah atlet Bali lolos bersaing dengan atlet yang tangguh atau atlet daerah yang lemah,” tambah Suwandi.

Semua kriteria-kriteria yang bakal menjadi dasar bagi KONI Bali dalam menentukan kuota atlet setiap cabor kini tengah digodok. Namun secara umum data juga menjadi salah satu dasar penentuan.

“Jadi nanti setelah laporan hasil Pra-PON cabor semua masuk, baru kami siapkan kriterianya dan selanjutnya pemanggilan cabor dilakukan. Kami harus memanfaatkan dana PON dengan seefisien dan semaksimal mungkin. Apalagi pemerintah dalam hal ini Pemprov Bali meminta atlet berprestasi dan memiliki peluang besar meraih medali di PON Papua yang harus diprioritaskan,” imbuh mantan Ketua KONI Badung itu.(rup)