Jalur Evakuasi di Lereng Gunung Agung Putus Dihantam Banjir Bandang

0
138
Banjir bandang yang terjadi di lereng Gunung Agung, Kamis (2/1/2020)

Karangasem, PERSPECTIVESNEWSHujan lebat yang mengguyur Kabupaten Karangasem, Bali selama tiga hari terakhir ini mengakibatkan terjadinya banjir di sejumlah titik, Kamis (2/1/2020).

Di Banjar Butus, Desa Buanagiri, Kecamatan Bebandem, banjir bandang yang terjadi sekitar pukul 15.00 Wita memutuskan akses jalan utama yang menghubungkan sejumlah dusun di lereng Gunung Agung dengan pusat Kota Amlapura.

banjir bandang tersebut terjadi sekitar pukul 15.00 Wita setelah sebelumnya hujan lebat dengan intensitas tinggi terjadi di lereng atas Gunung Agung. Beberapa saat kemudian banjir terjadi dan menerjang sungai Mbah Api, yang alirannya melintasi jalan utama. Situasi ini membuat warga kaget dan panik.

Sebab, banjir tersebut membawa material seperti batu berukuran cukup besar, membuat kendaraan truk pengangkut material galian C takut untuk melintas. Sebagian besar sopir yang terjebak di dekat bibir sungai memilih menunggu hingga banjir surut.

Pun demikian dengan pengendara sepeda motor yang merupakan warga berasal dari dusun di lereng Gunung Agung, juga terjebak di pinggir sungai yang melintasi akses jalan yang setiap hari mereka lalui tersebut.

“Sudah tiga hari ini terjadi hujan lebat di lereng atas Gunung Agung. Nah kalau sudah hujan di atas, pasti sudah terjadi banjir besar,” ungkap salah seorang warga.

Biasanya setelah banjir surut, kadang akses jalan yang sudah terputus oleh terjangan banjir yang terjadi berulang kali tersebut juga harus ekstra hati-hati melintasinya. Sebab, akses jalan tersebut sudah berubah menjadi aliran sungai dengan batu batu besar berserakan berikut lubang besar dan tumpukan lumpur tebal, cukup menyulitkan pengendara sepeda motor maupun kendaraan roda empat untuk melintas.

 “Nah, biasanya kalau banjir sudah surut kadang kami dan warga di sini sulit untuk melintas, karena ada banyak batu besar yang terbawa banjir melintangi jalan. Apalagi mobil pasti gak bisa melintas,” lontarnya.(red)