“Krisna Membawa Cakra”, Maskot Pilkada Jembrana 2020 Dilaunching

0
275
Suasana peluncuran maskot Pilkada Jembrana 2020 Krisna membawa Cakra.

Jembrana, PERSPECTIVESNEWS – Geliat Pemilukada Kabupaten Jembrana 2020 dan perhelatan pemilihan kepala daerah sudah semakin dekat, yakni September 2020 mendatang. KPU Jembrana pun telah memulai kegiatannya dengan Media Gathering Pemilu, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jembrana 2020, belum lama ini.

Agenda selanjutnya yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jembrana melaunching maskot Pilkada Jembrana 2020 bertempat di Gedung Kesenian Ir.Soekarno, Kelurahan Dauhwaru, Jembrana Sabtu (14/12/2019).

Di hari yang sama jajaran KPU Jembrana juga melakukan Road Show ke pasar-pasar untuk melakukan sosialisasi tentang Pemilukada Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Jembraba 2020. Launching maskot dihadiri Bupati Jembrana diwakili Asisten I Drs I Nengah Ledang, Dandim 1617 Negara diwakili Danramil 1617-01 Negara Kapten Inf I Wayan Yudana, Kapolres Jembrana diwakili Kabag Sumda Polres Jembrana Kompol I Made Prihenjagat, SH, Kejaksaan Negeri Negara diwakili Kasi Barang Bukti Kejari Ni Wayan Meerti,dan seluruh unsur FKPD ( Forum Komunikasi Perangkat Daerah) Kabupaten Jembrana.

Asisten I Drs I Nengah Ledang mengemukakan,acara launching maskot dan jingle Pilkada Jembrana 2020 dapat berjalan lancar, dan senantiasa menjadi berkah bagi masyarakat Jembrana.

Berbicara tentang pemilihan Kepala Daerah, kata Ledang, berarti berbicara tentang perilaku kita di dalam berdemokrasi. Berbicara tentang perilaku demokrasi, berarti sedang berbicara tentang warga masyarakat sebagai pemilik kedaulatan demokrasi yang artinya jika kita berbicara demokrasi dengan rakyat sebagai pelaku utamanya  itu berarti kita berbicara tentang partisipasi. Sebab, partisipasi merupakan kata kunci dari sukses tidaknya sebuah persyaratan demokrasi seperti pemilihan umum, atau pilkada.

Launching maskot dan Pemilukada 2020 merupakan agenda yang berhubungan dengan pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati Jembrana, September 2020. Jika dicermati pemilihan yang digunakan sebagai maskot pilkada 2020, Prihenjagat mengapresiasi positif. Karena pemilihan tokoh cerita Krisna membawa cakra yang bijaksana,dan hal ini bisa menunjukkan bagaimana berdemokrasi secara bijaksana.

“Mari sukseskan Pilkada 2020 dengan meningkatkan partisipasi masyarakat, saling menjaga rasa persatuan dan kesatuan, menjauhkan isu sara dan saling menghormati dan tidak menjatuhkan antarpara calon sehingga pelaksanaan Pilkada Jembrana 2020 berjalan lancar,” harap Prihenjagat.

Sementara Ketua KPU Jembrana I Ketut Tangkas Sudiantara,ST berterimakasih kepada para undangan yang telah menyempatkan diri hadir pada Launching Jingle dan Maskot Pilkada Jembrana 2020. Partisipasi masyarakat Jembrana untuk ikut dalam lomba  maskot Kabupaten Jembrana didahului dengan koordinasi dengan PHDI Jembrana tentang pilihan maskot Jembrana sehingga muncul dari kalangan masyarakat Jembrana yang turut serta dalam lomba maskot.

“Yang disetujui adalah Kresna menbawa Cakra untuk Pilkada Jembrana 2020 itu adalah Parartha Gumawe Rukhaning Rat. Artinya Pemimpin Yang Mengutamakan Bekerja Untuk Kesejahteraan Rakyat Jembrana.Itu sebenarnya kenapa kami memilih Maskot Kresna bawa Cakra. Harapan ke depan pemimpin yang dipilih oleh masyarakat itu benar-benar pemimpin yang mengutamakan pekerjaan sesuai dengan pemerintah pusat sehingga kabupaten jauh lebih maju lima tahun ke depan. Itu harapan kita,”ucap Tangkas.

 Disebutkan pula dari hasil lomba maskot pilkada Jembrana tahun 2020,nanti akan diputar,inipun nantinya melalui lomba.Intinya kami benar-benar melibatkan masyarakat Jembrana baik itu dalam pembuatan aransemen juga melibatkan masyarakat Jembrana dengan harapan masyarakat merasa dilibatkan di Pilkada tahun 2020.”Sekali lagi kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada pemerintah daerah dalam hal ini Bapak bUpati dab asisten 1 ini luar biasa,”ungkapnya.(utu)