Korban Meninggal Lakalantas di Polres Badung Tergolong Tinggi

0
190
Kapolres Badung AKBP Roby Septiadi

Mangupura, PERSPECTIVESNEWS – Hingga akhir pekan ini angka kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Badung, Bali menyumbang angka kematian paling tinggi dibandingkan beberapa kasus lainnya.

Kapolres Badung AKBP Roby Septiadi menjelaskan, korban akibat lakalantas mencapai 54 orang meninggal dari sebanyak 186 kasus Lakalantas. Angka itu, menurutnya cukup tinggi mengingat Polres Badung hanya mewilayahi empat kecamatan, yaitu Mengwi, Kuta Utara, Abiansemal dan Kecamatan Petang.

“Kalau Kuta dan Kuta Selatan itu bukan wilayah kami, melainkan Polresta Denpasar,” katanya didampingi Wakapolres Badung Kompol Sindar Sinaga dalam keterangan akhir tahun kepada pers, di Mapolres Badung.

Dijelaskan Roby, dibandingkan tahun sebelumnya, terjadi penurunan jumlah lakalantas di tahun 2019. Pada 2018 tercatat sebanyak 222 kasus dengan jumlah korban tewas 57 orang, 11 luka berat dan 327 luka ringan. Sementara tahun ini turun menjadi 186 kasus. “Jumlah korban tewas 54 orang (2019), luka ringan 276 dan luka keras 11 orang,” jelasnya.

Penyebab kecelakaan didominasi oleh pelanggaran lalu lintas. Sedangkan jenis kendaraan, 79 persen dialami sepeda motor, 13 persen kendaraan umum dan 8 persen mobil barang.

“Selain itu karena kondisi jalan. Luas jalan atau badan jalannya kecil, tetapi volume kendaraannya tinggi. Ke depannya, kami akan melakukan rekayasa arus lalu lintas,” ujarnya. (jre)