Hadapi Keadaan Darurat, Discovery Shopping Mall Kuta Gelar Pelatihan Evakuasi Kebakaran

0
187
Suasana simulasi evakuasi kebakaran di DSM Kuta.

Mangupura, PERSPECTIVESNEWS-  Untuk kedua kalinya pada tahun 2019 ini, Discovery Shopping Mall (DSM) menggelar pelatihan (simulasi) evakuasi kebakaran. Ini dilakukan dalam upaya menghadapi kemungkinan keadaan darurat kebakaran di mall setempat.

Simulasi berlangsung Jumat (13/12/2019) pagi di DSM Kuta, yang diikuti sekitar 170 peserta yang terdiri dari karyawan, korporat dan perwakilan tenant DSM.

General Manager DSM Kuta Gustaf Riandory menjelaskan, DSM melaksanakan pelatihan evakuasi kebakaran yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada para karyawan bagaimana cara menangani kebakaran dan memadamkan api.

“Pelatihan ini untuk kedua kalinya dalam tahun ini. Kita mengadakan pelatihan dengan tujuan utamanya untuk memberikan pengetahuan kepada para karyawan saat menangani kebakaran. Kita memberikan pelatihan evakuasi keadaan darurat kebakaran termasuk penggunaan alat pemadan api,” ungkap Gustaf usai memberi sambutan pada pembukaan pelatihan.

GM DSM Kuta Gustaf Riandory.

Ditambahkan, pelatihan akan memberikan pemahaman bagaimana cara melakukan evakuasi saat kebakaran terjadi. “Tujuannya agar mereka tidak panik pada saat bencana kebakaran terjadi,” sebut Gustaf.

Pelatihan itu, lanjut Gustaf lebih kepada memberikan pengetahuan yang lebih bersifat teknis yaitu alat-alat apa saja yang dipakai untuk memadamkan api. “Karena asal dari api itu bisa membedakan penggunaan materialnya. Contoh, kebakaran yang disebabkan oleh korsleting (short listrik), dia harus menggunakan APAR dan tidak boleh menggunakan air karena justru akan menyebabkan api semakin besar,” papar Gustaf.

Tujuan yang kedua, sambung Gustaf,  adalah memberikan wewenang kepada karyawan yang mengetahui sumber api, untuk kemudian mengetahui apa yang harus dilakukan. Sifat mentalitas inilah yang kita asah terus. Dan dengan pelatihan yang dilakukan pada pagi hari (Jumat-red) itu, kita semakin menyiapkan ketrampilan mereka,” tambah Gustaf Riandory.

Pelatihan selain melibatkan karyawan dan perwakilan tenant, DSM juga melibatkan Dinas Kebakaran Kabupaten Badung.

Seluruh karyawan, korporat dan tenant menjadi peserta pelatihan evakuasi kebakaran di DSM Kuta.

DSM sendiri sudah menyiapkan berbagai alat pemadam api (APAR) di area mall, bahkan di setiap 10 meter, APAR sudah disiapkan dengan cara digantung dan diberi tanda sehingga mudah untuk dikenali dan dijangkau.

“Kemudian di setiap titik-titik vital seperti power house (rumah genzet, ruang gas, karung goni dan hydrant), kita berikan perhatian lebih. Itu demi memudahkan karyawan menjangkau alat-alat tersebut saat harus digunakan,” jelas Gustaf.

Gustaf Riandory menambahkan, pelatihan ini rutin dilakukan sejak tahun 2017 lalu dan akan menjadi program kerja rutin dari Departemen HSE. “Sekali lagi bertujuan untuk lebih meningkatkan kesadaran akan penanganan bencana kebakaran. Kita pun di lapangan terus mengasah kemampuan teman-teman security, staf dan lain-lain,” demikian Gustaf Riandory.    (ari)