Dispora Bali Bangga, Taekwondoin Luh Putu Aprilia Ukir Sejarah Baru di Popnas 2019

0
438
Luh Putu Aprilia Tribhuana Chigayatri saat mempersembahkan medali emas pertama untuk cabor taekwondo di ajang Popnas XV/2019. (FOTO: ist)

Denpasar, PERSPECTIVESNEWS – Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali sangat bangga dengan prestasi yang ditorehkan atlet taekwondo putri Bali Luh Putu Aprilia Tribhuana Chigayatri, yang meraih medali emas di ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XV/2019.

Dalam siaran persnya kepada perspectivesnews.com, Plt Kadispora Bali, I Made Rentin mengatakan medali emas yang diraih Luh Putu Aprilia merupakan sejarah baru dalam keikutsertaan taekwondo Bali di Popnas.

“Ini sejarah baru karena prestasi taekwondo Bali di Popnas sebelumnya (2017) hanya mampu mendulang 2 medali perunggu saja. Dan tahun ini meningkat menjadi emas, dan Popnas ini pun baru dimulai sehingga masih ada kesempatan menambah medali lagi,” ujar Made Rentin yang juga Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali itu.

Apa yang disampaikan Made Rentin tersebut sekaligus menepis tudingan bahwa Dispora Bali telah gagal total dan salah dalam menentukan atlet taekwondo ke ajang Popnas 2019. Rentin menambahkan, hari Rabu (20/11/2019) ada dua taekwondoin Bali yang akan bertanding di dua kelas berbeda, yakni Rifda Khoirunnisa Zakkya di kelas under 42 putri, dan Kadek Ristina Indriani pada kelas under 63 putri.

Made Rentin mengatakan, Luh Putu Aprilia meraih medali emas di kelas under 46 kg putri. Ia mengalahkan lawan-lawannya, mulai dari penyisihan pertama melawan Atlet NTT dengan skor 29-2, lalu penyisihan kedua menghentikan perlawan Kaltim juga dengan skor telak 15-1.

Selanjutnya di babak semifinal melawan DIY dengan meraih kemenangan dengan 15-2, dan di laga final melawan atlet tuan rumah DKI Jakarta menang dengan skor meyakinkan 25-6. Cabor taekwondo Popnas 2019 dihelat di IPC Corporate University, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

“Prestasi cabor lain di Popnas 2019, yakni tarung derajat malah Bali juara umum setelah meraih meraih 4 emas, 1 perak dan 3 perunggu. Cabor karate juga meraih 1 perak dan 3 perunggu. Dengan semua itu, sementara Bali berada di peringkat 4 dari 34 provinsi,” demikian I Made Rentin.(jos)