AA Bagus Satriadiputra Drajat Raih Emas, Bali Juara Umum Cabor Tarung Derajat Popnas 2019

0
198
Tim tarung derajat Popnas Bali keluar sebagai juara umum setelah meraih 4 emas, 1 perak dan 3 perunggu. (FOTO:ist)

Denpasar, PERSPECTIVESNEWS – Prestasi membanggakan ditorehkan tim tarung derajat pelajar Bali dalam ajang Popnas 2019 yang berakhir Senin (18/11/2019) di GOR Arcamanik, Bandung. Meraih 4 medali emas, Bali keluar sebagai juara umum.

Sekum Pengprov Kodrat Bali, AA Bagus Tri Candra Arka yang mendampingi tim saat dikontak dari Denpasar, menjelaskan 4 medali emas itu diraih di kelas tarung putra oleh AA Bagus Satriadiputra Drajat di kelas 45,1-49kg setelah mengalahkan petarung tuan rumah, Muhammad Alief Fachraituzzaki.

Kemudian emas kedua disumbang I Nyoman Candra Gita Kusuma di kelas 53,1-57kg setelah mengalahkan wakil Jawa Tengah, Yoga Wahyu Pranata. Emas ketiga disabet Ferdi Firmansyah di kelas 61,1-65kg usai menjungkalkan wakil Jawa Barat, Ardi Satria Maharsa. Dan emas keempat disumbang Ni Putu Mita Yobi di kelas tarung putri 49,1-52kg.

Selain 4 keping emas, Bali juga meraih 1 perak oleh Putu Riska Amelia Cahyani di kelas 55,1-58kg setelah dikalahkan wakil Sumatera Barat, Vebi Sasmita Husna. Dan 3 perunggu oleh Komang Rian Aditya Saputra (kelas 57,1-61kg tarung putra), Ni Kadek Lia Ariani (kelas 46,1-49kg tarung putri) dan Putu Ira Tresna Yanti (kelas 52,1-55kg tarung putri).

Sekum Pengprov Kodrat Bali AA Bagus Tri Candra Arka (kiri) dan AA Bagus Satriadiputra Drajat. (FOTO:ist)

“Sebenarnya ini di luar eskpetasi. Bali meloloskan 5 wakil di babak final, sedangkan tuan rumah Jawa Barat 6 petarung. Namun, berkat semangat juang petarung dan arahan pelatih, Bali bisa menjadi yang terbaik,” ucap Tri Candra Arka.

Lanjutnya, Bali sebenarnya di Popnas ini hanya menarget mempertahankan tradisi emas. “Ini buah kerja sama dan kerja keras dari pengurus, pelatih, atlet dan pemerintah yang mensupport tim tarung derajat Popnas Bali ini,” tegas AA Bagus Tri Candra Arka.

Bagi Tri Candra Arka, hasil di Popnas ini menguatkan jika tarung derajat Bali sangat diperhitungkan di kancah nasional, terutama di kelas tarung bebas. Mau itu tim pelajar, mahasiswa maupun PON, tarung derajat Bali berikrar ingin terus mempertahankan tradisi emas tiap hajatan nasional.

“Dari hasil ini menegaskan jika pembinaan di Bali terus berjalan dan berkesinambungan dari Porjar kabupaten, sampai provinsi hingga nasional. Semoga, para-para juara ini, kelak saat dewasa, bisa kembali menjadi bagian tim Bali dan terus memberikan prestasi bagi Bali,” tandas pria yang akrab disapa Gung Cok ini.

Popnas sendiri berlangsung dua tahun sekali, dan khusus cabor tarung derajat di tahun ini diikuti oleh 23 provinsi. Posisi lima besar ditempati Bali, Sumatera Barat (juara umum II), Jawa Timur (juara umum III), Jawa Barat dan Kalimantan Timur. Adapun kategori yang dipertandingkan hanya dua yakni tarung bebas putra dan tarung bebas putri.(pra)