Gubernur BI Perry Warjiyo: “Desa Wisata Tampaksiring akan Saya Promosikan di Youtube”

0
134
Gubernur BI Perry Warjiyo saat menyerahkan program bantuan sosial BI kepada Desa Wisata Tampaksiring.

Gianyar, PERSPECTIVESNEWS- Meski tugas sepenuhnya Gubernur Bank Indonesia (BI) adalah membuat kebijakan dan regulasi perbankan terkait upaya menjaga stabilitas nilai tukar rupiah dan meningkatkan perekonomian, namun kali ini Gubernur BI turun langsung memromosikan Desa Wisata Tampaksiring, Gianyar di berbagai chanel, salah satunya di Youtube.

Hal itu disampaikan Gubernur BI Perry Warjiyo saat bertemu dan memberikan kata sambutannya pada acara Penyerahan Program Bantuan Sosial Bank Indonesia kepada Desa Wisata Tampaksiring, Gianyar, Minggu (17/11/2019).

Didampingi beberapa direksi BI pusat dan daerah serta pejabat perbankan di Bali, Gubernur BI mengatakan, indahnya Desa Wisata Tampaksiring sudah dikenal lama apalagi saat ini sudah dikembangkan berbagai potensi seperti wisata alam, potensi heritage, potensi wisata olahraga, wisata kuliner bahkan posisinya yang strategis dengan keberadaan Istana Kepresidenan, membuat Tampaksiring makin terkesan menggoda.

“Saya sudah berkali-kali datang ke Tampaksiring. Sungguh indah. Saya akan memromosikannya ke beberapa chanel seperti media sosial televise, instagram termasuk youtube, biar makin banyak wisatawan yang datang,” sebut Perry.

Perry menambahkan, meski Gianyar dan Tampaksiring sudah maju dan selalu indah tetapi harus maju lagi dan lebih indah lagi. “Terima kasih Pak Trisno Nugroho sudah memenuhi instruksi kami memajukan Desa Tampaksiring. Hal ini sejalan dengan salah satu garis kebijakan Bapak Presiden Joko Widodo karena Desa Tampaksiring menjadi sumber ekonomi dan sumber pariwisata Bali. Destinasi atau tujuan wisata yang nomor satu (Bali-red) ini terus kita kembangkan,” terang Gubernur BI.

Pada kesempatan tersebut, Perry Warjiyo melakukan soft launching Desa Wisata Tampaksiring yang merupakan Desa Wisata Terintegrasi binaan KPw BI Provinsi Bali di Wantilan Pura Dalem Agung, Br. Tengah,  Desa Tampaksiring. Ia pun mengapresiasi kinerja pengembangan UMKM KPw BI Provinsi Bali khususnya dalam pengendalian inflasi, pengembangan desa wisata, klaster pertanian dan lainnya.

BI Bina 898 UMKM

Gubernur BI Perry Warjiyo didampingi Trisno Nugroho (kiri) saat berbincang-bincang dengan salah satu UMKM binaan BI Bali.

Gubernur BI juga mengunjungi stand UMKM binaan KPw BI Bali. Kepada wartawan disebutkan bahwa BI memiliki 898 UMKM binaan termasuk di Bali. “Bahkan karya-karya UMKM yang terbaik bisa dipamerkan di Festival Karya Kreatif Indonesia. Ke depan, harus dipikirkan untuk ekspor. Karya-karya terbaik itu harus mampu menembus pasar ekspor,” kata Gubernur Perry yang menambahkan, bantuan kepada Desa Wisata Tampasiring adalah wujud nyata BI berkontribusi terhadap perekonomian dalam setiap makna kehidupan.

Sementara itu KPw BI Provinsi Bali Trisno Nugroho menyampaikan, Desa Tampaksiring merupakan salah satu dari sekian desa yang berada di Provinsi Bali yang memiliki banyak potensi wisata yang populer.

“Berbagai macam atraksi, baik alamnya yang indah, kebudayaan yang terinternalisasi dalam kehidupan masyarakat sehari-hari, hingga atraksi warisan sejarah, ada di desa Tampaksiring dan sekitarnya. Salah satu yang dapat kita lihat saat ini adalah keberadaan Pura Dalem Agung yang telah berdiri sejak Abad ke-17,” ujarnya.

Selain itu, di Tampaksiring ini juga terdapat lahan pertanian yang merupakan klaster binaan Bank Indonesia yaitu Subak Pulagan. Subak yang telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia inipun telah menjadi daya tarik atraksi wisata.

Belum lagi ditambah keberadaan Istana Kepresidenan Tampaksiring juga memberikan nilai strategis bagi Desa Tampaksiring, karena Tampaksiring sering menjadi tempat singgah para kepala negara dunia dalam lawatannya ke Bali.

“Program pengembangan Desa Wisata Tampaksiring yang coba diterapkan ini kami pandang penting karena Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali dapat mengintegrasikan program strategis peningkatan devisa pariwisata dengan program-program strategis lainnya yang saat ini menjadi prioritas Bank Indonesia,” ucap Trisno.

Beberapa program tersebut antara lain pengembangan klaster pengendalian inflasi komoditas padi di Subak Pulagan, pengembangan sistem pembayaran non-tunai melalui elektronifikasi di beberapa titik pariwisata dan transaksi masyarakat seperti di Pasar Tampaksiring maupun kegiatan religi di pura.   

Kegiatan sehari Gubernur BI di Desa Wisata Tampaksiring diakhiri dengan berfoto bersama. Inilah ‘Dedikasi untuk Negeri’. (ari)