KONI Bali Belum Hitung Kontingen yang Akan Dikirim ke PON Papua 2020

0
140
Ketut Suwandi (FOTO: dok)

Denpasar, PERSPECTIVESNEWS – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bali sejauh ini masih belum menghitung berapa jumlah kontingen Bali ke ajang PON XX/2020 Papua mendatang. Selain karena masih ada cabor yang sedang dan akan Pra-PON, tak kalah pentingnya adalah soal anggaran.

 Sejauh ini, APBD Bali yang didalamnya juga dirancang untuk keperluan olahraga melalui KONI Bali, masih dalam pembahasan di dewan dan belum ketok palu. Padahal, dana hibah dari Pemprov Bali kepada KONI Bali, sebagian besar dialokasikan untuk keperluan PON 2020 Papua.

“Kami belum bisa memberikan kepastian sekarang terkait berapa jumlah atlet yang dikirim ke PON Papua tahun depan untuk setiap cabang olahraga (cabor), karena banyak hal yang harus kelar dulu,” ucap Ketua Umum KONI Bali, Ketut Suwandi di ruang kerjanya, Selasa (12/11/2019).

Suwandi lantas menyebut salah satu penyebab mengapa belum bisa menghitung jumlah kontingen Bali ke PON Papua, yakni kepastian dari ketok palu untuk jumlah dana hibah atau dana bantuan yang diberikan Pemprov Bali ke KONI Bali tadi.

Meski begitu, lanjut Suwandi, KONI Bali bakal melakukan saringan untuk atlet Bali yang lolos PON untuk dikirim ke Papua. Hal itu bakal disesuaikan dengan kemampuan dana yang ada nanti.

Selain soal kepastian dana, juga terkait dengan cabor yang semuanya belum tuntas menyelesaikan Pra-PON. Dengan demikian maka pastinya masih belum bisa diketahui berapa jumlah atlet Bali yang lolos ke PON Papua.

“Belum juga adanya kelengkapan laporan dari setiap cabor secara keseluruhan yang telah melakoni Pra-PON. Jadi semuanya itu akan terkait dengan pendanaan juga, untuk menentukan kuota atlet yang berlaga di PON nanti,” katanya.

Mantan Ketum KONI Badung itu melanjutkan, pastinya para atlet yang dikirim ke PON nanti merupakan atlet yang memiliki peluang besar meraih medali. Bahkan di Sumatera, lanjut dia, KONI setempat justru lebih ekstrem yakni proyeksinya hanya mengirimkan atlet yang potensi meraih medali emas saja.

Suwandi mengatakan, semua persoalan tersebut bakal dibahas dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) KONI Bali, yang rencananya digelar pada Februari mendatang. “Pastinya keputusan soal kuota tetap kami akan bicarakan dengan teman-teman cabor nantinya,” demikian Suwandi.(zil)