Kalahkan Buduk FC, Balayuda Juara III Divisi 2 Liga Giriasa 2019

0
440
Kesebelasan Balayuda saat bermain melawan Buduk FC di Divisi 2 Liga Giriasa 2019 di Lapangan Yoga Perkanthi Jimbaran, Kamis (24/10) yang dimenangkan Balayuda, 2-1.(FOTO: I Wayan Dana)

Jimbaran, PERSPECTIVESNEWS – Kesebelasan Balayuda keluar sebagai juara III Divisi II Liga Giriasa 2019 setelah menang tipis 2-1 atas Buduk FC, di Lapangan Yoga Perkanthi Jimbaran, Kamis (24/10/2019).

Dalam laga dipimpin wasit Yacen tersebut, Balayuda sempat tertinggal dari Buduk FC oleh gol Pande Wira S pada menit 20. Gol ini tercipta berkat kecerdikan beberapa pemain Buduk FC yang melihat Pande saat itu berdiri bebas, dan setelah menerima bola, ia langsung melesakkan ke gawang Balayuda yang dikawal Jambe Sidarta.

Tertinggal oleh gol Pande tersebut, anak-anak Balayuda mencoba mencari gol penyeimbang. Beberapa serangan terprogram dibangun oleh anak-anak besutan pelatih Dewa Gede Usadi. Namun kokohnya benteng Buduk FC, beberapa serangan berhasil dimentahkan. Hingga jeda, skor tetap 1-0 untuk Buduk FC.

Babak kedua, para pemain Balayuda tidak patah semangat. Serangan demi serangan terus dilancarkan ke jantung pertahanan Buduk FC. Upaya tersebut membuahkan hasil ketika kapten Balayuda Wahyu Adi berhasil membuat skor imbang 1-1 setelah melesakkan bola ke gawang Buduk FC yang dikawal Damara.

Usai menyamakan kedudukan, semangat pemain Balayuda terus terlecut untuk mencetaka gol kemenangan. Sedangkan di kubu Buduk FC, gol penyeimbang tersebut seakan menjadi koreksi bahwa bermain terbuka dapat menyebabkan gawangnya makin mudah diancam lawan.

Sejak skor imbang itulah Buduk FC di bawah pelatih kepala Budi Santoso mencoba menerapkan pola pertahanan berlapis dengan sesekali mengandalkan serangan balik.

 Namun strategi ini seperti terbaca dengan jelas oleh para pemain Balayuda, sehingga tidak mudah terpancing untuk melakukan serangan ke daerah pertahanan Buduk FC. Mereka banyak memainkan bola-bola passing yang akurat.

Apa yang diperagakan anak-anak Balayuda tersebut rupanya membuat pemain Buduk FC terpancing untuk merebut bola dari kaki pemain Balayuda sehingga membuat pertahanannya sedikit terbuka. Celah ini berhasil dimanfaatkan oleh pemain Balayuda Widnyana Dewa di menit 79, yang berhasil mencetak gol kemenangan bagi timnya menjadi 2-1.

Gol kemenangan Widnyana Dewa ini sontak disambut gempita oleh pelatih maupun ofisial Balayuda di pinggir lapangan. Mereka pun akhirnya berselebrasi usai wasit meniup peluit panjang tanda pungkasnya laga.(jos)