Bali United Siapkan Tim Sepak Bola Wanita Sebagai Wujud Kesetaraan Gender

0
175
Veronica Colondam (tengah) diapit Yabes Tanuri (kanan) dan Jimmy Wiyono.

Gianyar, PERSPECTIVESNEWS – Bali United sedang menyiapkan tim sepak bola wanita untuk nantinya berkompetisi di tingkat nasional. Saat ini sudah ada sedikitnya 25 pesepakbola wanita yang sedang menjalani pelatihan.

“Pembentukan tim sepak bola wanita sebagai wujud emansipasi kaum Hawa dalam dunia sepak bola, memang agak kesulitan merekrut pesepakbola wanita di Bali, ke depan kami harap akan banyak (wanita) yang menekuni profesi pesepakbola,” ucap CEO dan Pendiri YCAB, Veronica Colondam kepada wartawan di Gianyar, Minggu (29/9/2019).

Dikatakan Veronica, dibentuknya tim sepak bola wanita semata-mata untuk memajukan dan memberdayakan kaum perempuan. Sambil jalan, lanjut dia, pihaknya sedang memikirkan formula yang tepat untuk tim sepak bola wanita Bali United sehingga nantinya menjadi tim profesional sama dengan Bali United putra.

Saat ini YCAB sedang melakukan kegiatan penggalangan dana tahunan bertajuk Angle of Change  (AOC), pada 28-30 September 2019.

CEO Bali United, Yabes Tanuri mengatakan, kegiatan ini sudah dilaksanakan YCAB sejak tahun 2009. Tahun ini juga menandai ketiga kalinya YCAB berkolaborasi dengan Bali United dalam kegiatan ini.

“Tahun ini kami memilih tema ‘Journey to Impact’ untuk merayakan perjalanan YCAB sejak 13 Agustus 1999. Setelah dua dekade berdiri, YCAB telah menjangkau sekitar 3,5 juta anak muda Indonesia,” kata Yabes Tanuri.

Dijelaskan Yabes, YCAB kini  telah berevolusi menjadi  social enterprise group dengan beberapa unit bisnis. Termasuk YCAB Ventures yang memberikan kredit ultra mikro kepada ibu-ibu dari kalangan  pra-sejahtera dengan syarat selama periode peminjaman, anak dari para ibu ini dilarang putus sekolah.

Evolusi ini, menurut dia, membuat YCAB mampu mengalokasikan seluruh donasi publik kepada program-program sosial yang dijalankan. Terutama rumah belajar yang tersebar  di 11 provinsi di Indonesia untuk memberikan  akses pendidikan lebih luas kepada generasi muda dari kalangan pra- sejahtera.

Keberadaan rumah belajar YCAB di Bangli terwujud berkat kolaborasi dengan Bali United. Saat ini sebanyak 154 murid di rumah belajar YCAB Bangli menjalani berbagai program pendidikan, termasuk kursus komputer dengan hanya membayar Rp 10 ribu setiap bulan.

 Pihaknya yakin YCAB akan terus  semakin berkembang  dan menjangkau lebih banyak orang.  Bali United, kata dia, siap mendampingi YCAB  dalam perjalanan memberdayakan generasi muda Indonesia.

Presiden Komisaris Bali United, Jimmy Wiyono mengatakan tahun ini pihaknya berupaya mendukung AOC dengan donasi gaya ‘triple matching donation’ di mana setiap rupiah yang terkumpul akan dikali tiga sehingga memberikan dampak tiga kali lipat juga.

Tahun ini, kata dia, total donasi yang terkumpul sejumlah Rp 2,398 miliar lebih. “Bali United bukan hanya berbisnis atau mengejar gelar juara, tetapi mementingkan kesejahteraan orang lain,” imbuhnya.(jos)