JNE Siap Menuju ‘The World Class Services’, Layanan Ini yang Bisa Dinikmati…

0
123

Denpasar, PERSPECTIVESNEWS-  Selama ini, perusahaan jasa pengiriman ekspres PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) terus berbenah, baik dalam inovasi maupun teknologi menuju perusahaan dengan layanan kelas dunia (The World Class Services). Salah satunya dengan komitmennya merealisasikan berbagai layanan produk yang bisa dinikmat konsumen.

“Semua perusahaan jasa seperti jasa pengiriman dokumen maupun logistik, harus mampu merealisasikan apa yang selama ini sudah ditawarkan (layanan produk -red). Jangan sampai antara yang ditawarkan dengan realisasinya berbeda. Hal ini penting jika misi perusahaan ingin menjadi perusahaan dengan layanan kelas dunia,” ungkap Direktur Bali Business Network (BBN), I Made Abdi Negara, di Denpasar, Bali, Minggu (15/9/2019).

Abdi Negara mengingatkan, selain merealisasikan janji-janjinya, perusahaan tersebut juga harus mempertimbangkan sisi harga. Ini penting karena harga untuk kelas korporat harus dibedakan dengan konsumen.   

‘Maksudnya harga harus dibedakan namun tetap kompetitif, baik itu untuk korporat (B to B, Business to Business) maupun dengan konsumen (B to C, Business to Consumers). Banyak faktor yang harus dipenuhi oleh perusahaan yang ingin menuju layanan kelas dunia karena kompetisinya sangat ketat,” jelas mantan Sekretaris Aprindo (Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia) Bali ini.

Perusahaan jasa pengiriman ekspres juga harus memperlakukan barang-barang yang mudah pecah (fragile) atau dokumen penting lainnya secara penuh tanggungjawab. Jangan sampai rusak atau bahkan hilang.

“Yang lebih penting lagi adalah disiplin terkait ketepatan dan kecepatan waktu pengiriman. “Jangan bilang sehari sampai, eh ternyata dua hari, dan sebagainya. Pokoknya  apa yang ditawarkan harus sesuai dengan realisasinya bila ingin mampu bersaing di tingkat global dan menuju layanan kelas dunia,” demikian Abdi Negara.

Menuju perusahaan layanan kelas dunia, bagi JNE sudah dilakukan. Terbukti berbagai produk terbaru diluncurkan. Semuanya adalah inovasi berteknologi terkini.  

Fokus pengembangan perusahaan di bidang teknologi lantas diterjemahkan pada penciptaan produk layanan MyJNE dan PopBox. Lain halnya dengan layanan prepaid@box, promo layanan JNE Super Speed dan JNE Trucking yang menjadi perwujudan atas perhatian besar perusahaan di bidang inovasi produk dan layanan. 

Di sisi lain, menyadari pentingnya peranan membangun kemitraan strategis guna mendukung jangkauan logistik global perusahaan, maka JNE mengembangkan dan memaksimalkan produk layanan JNE International  Shipment. 

JNE juga memberikan sumbangsih terhadap kemajuan industri musik di Tanah Air dengan mendorong layanan CD Musik dimana jaringan JNE yang tersebar di pelosok nusantara dapat dimanfaatkan oleh musisi Indonesia untuk memasarkan karya musiknya. 

Inovasi mendorong JNE untuk menciptakan JNE-PopBox dan MyJNE. PopBox merupakan layanan yang diperuntukkan bagi pengguna yang memiliki mobilitas tinggi dan selalu bergerak sehingga kemudahan ditawarkan dengan menempatkan paket pada loker otomatis yang mudah dan aman. Di tahap awal, fasilitas JNE – PopBox disediakan khusus bagi pemilik kartu JLC (JNE Loyalty Card).

Dengan fasilitas ini, penerima dapat meminta shipper mengirimkan paket ke alamat tujuan loker JNE – PopBox sehingga dapat melakukan pengambilan paket di loker-loker yang terdapat di beberapa lokasi sesuai dengan keinginannya. Lokasi PopBox tersebar sebanyak 32 titik di Jakarta yaitu di beberapa mall terkemuka, kampus universitas, mini market, stasiun kereta api, apartemen dan yang lainnya. 

Sedangkan MyJNE adalah aplikasi berbasis android yang terhubung dengan nomor telepon pelanggan JNE Express, baik sebagai pengirim maupun sebagai penerima. Melalui aplikasi ini pengguna dapat mengecek tarif pengiriman JNE seluruh Indonesia, memonitor status pengiriman, mengecek lokasi JNE terdekat serta melakukan transaksi jual beli antara penjual dan pembeli individual.

MyJNE memberikan fitur-fitur baru yang tidak ada pada aplikasi sebelumnya. Misalnya sejarah data pengiriman yang terhubung dengan nomor telepon pengguna serta fitur My COD yang memungkinkan para individual seller menghubungkan data pesanan toko online dengan sistem JNE.     (ari)