Putu Dian Setiawan….Ini Lho Figur Dibalik Sukses Program Pembangunan Pemkab Tabanan

0
162
Drs. I Putu Dian Setiawan, M.Si

Suksesnya program pembangunan di suatu daerah (kabupaten/kota) tak lepas dari figur yang turut terlibat di dalamnya. Humas, adalah ‘tangan kanan’ pemerintah daerah yang berperan penting dalam menyosialisakan program kepada masyarakat.

Pemerintah Kabupaten Tabanan beruntung, punya Kabag Humas dan Protokol cukup gesit ‘mengeksekusi’ semua program Pemkab. Tak heran jika lumbung berasnya Bali yang terkenal dengan moto ‘Tabanan Serasi’ itu mengoleksi puluhan penghargaan dari prestasi yang diukir selama ini.

Drs. I Putu Dian Setiawan, M.Si adalah figur itu. Kabag Humas yang sudah berkiprah sejak 2011 itu punya kemampuan meramu program menjadi begitu menarik sekaligus  bermanfaat. “Memang tugas Humas untuk membuat program Pemkab bisa dikenal, dirasakan dan bermanfaat bagi masyarakat. Kita harus tahu karakter masyarakat itu seperti apa,” ungkapnya dalam bincang ringan dengan Perspectivesnews.com, di kantornya, Rabu (25/9/2019).

Salah satu prestasi yang diraih Pemkab Tabanan adalah penghargaan WTN (Wahana Tata Nugraha) selama 5 kali berturut-turut.  WTN di Bidang Pelayanan dan Kepatuhan Berlalu Lintas ini menjadi cermin bagi masyarakat tentang bagaimana upaya dan kerja keras Pemkab Tabanan menciptakan keamanan dan kenyamanan dan tertib berlalu lintas.

“Indikatornya adalah menurunnya jumlah kasus kecelakaan lalu lintas terutama yang melibatkan pelajar. Upaya Pemkab Tabanan dengan meluncurkan program  Trans Serasi adalah jawaban dari kebutuhan masyarakat terhadap adanya tertib berlalu lintas,” tutur  Putu Dian.

Prestasi Tabanan mencapai puluhan. Ini karena Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti yang begitu peduli dengan kondisi dan kebutuhan masyarakatnya. “Di bidang kesehatan misalnya, ada program pencegahan kanker serviks, kebersihan lingkungan dengan memerangi sampah plastik, dll. Kita sebagai ‘tangan kanan’ Bupati harus sigap mengeksekusi kebijakan tersebut secara tepat dan benar,” kata lelaki kelahiran 23  Oktober 1973 ini.

Satu Hati dengan Awak Media

Putu Dian menyadari jika tugasnya adalah juga menjembatani kebijakan Pemkab untuk bisa direspon positif masyarakat. Bekerja sendiri tentu tidak mungkin. Maka dengan media massa lah pria familiar ini bekerjasama.

“Pemkab punya program dan kebijakan sementara media massa yang punya kesanggupan menyampaikannya kepada masyarakat maka tugas kami adalah merajut kebersamaan dalam mewujudkan apa yang menjadi cita-cita bersama Pemkab dan masyarakat,” ujar Putu Dian.

Bagi ayah dua anak ini, kedekatan yang harmonis dengan awak media harus senantiasa terjalin baik. “Kami harus satu hati menyuarakan kepentingan masyarakat. Meski ada program yang belum berhasil maksimal, tentunya itu tak mengendurkan semangat dalam menuntaskannya,” jelasnya.

Bagi Putu Dian, menjabat sebagai Kabag Humas dan Protokol Pemkab Tabanan bukanlah cita-cita tetapi panggilan tugas. “Di manapun saya ditempatkan, harus selalu siap. Panggilan tugas adalah amanah yang harus dikerjakan dengan penuh pengabdian dan tulus ikhlas,” demikian Putu Dian.    (ari)