Alat Kelengkapan Dewan Rampung, DPRD Jembrana Bisa Laksanakan Tugas

0
166
Alat Kelengkapan Dewan Rampung, DPRD Jembrana Bisa Laksanakan Tugas

Jembrana, PERSPECTIVESNEWS-  Melalui kerja secara maraton yang cukup melelahkan akhirnya AKD (Alat Kelengkapan Dewan) di DPRD Jembrana telah rampung. Dengan demikian anggota DPRD Jembrana yang dinahkodai Ni Made Sri Sutharmi sudah bisa melaksanakan tugasnya sebagai wakil rakyat.

Sekretaris Dewan I Made Sudantra, S.E kepada PERSPECTIVESNEWS mengemukakan, dari lima struktur AKD yang dibentuk yakni tiga Komisi dan dua Badan. Bahkan tiga Partai Politik teratas menempatkan kadernya di struktur pimpinan AKD yaitu Fraksi PDI Perjuangan yang mendominasi tiga Ketua Komisi dan satu Badan yakni Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda). Sisanya satu Badan yaitu Badan Kehormatan (BK) dipegang Gerindra.

Sementara Partai Golkar yang jumlah kursi di atas Gerindra tidak ada menempatkan di posisi ketua, hanya duduk di posisi struktur pimpinan AKD.

Sekretaris Dewan yang mantan Kadisperindag Pemkab Jembrana ini lanjut mengemukakan,apabila dihitung secara komposisi, jumlah pimpinan di AKD, PDI-P merata menempatkan anggotanya di empat dari lima AKD bahkan satu anggota DPRD menduduki dua posisi di dua AKD yakni Wakil Ketua Bapemperda dan Sekretaris Kosisi III.

Sedangkan Golkar secara jumlah di posisi kedua  justru hanya dapat menempatkan dua anggota di struktur pimpinan. Dari hasil penetapan yang dilakukan, kata Made Sudantra, Ketua Komisi dari PDI-P menempatkan tiga anggota menjadi Ketua diantaranya Ketua Komisi I dipegang Ida Bgs Susrama, Ketua Komisi II I Ketut Suastika dan Ketua Komisi III I Dewa Putu Mertayasa. Selain itu PDI-P juga mendapatkan posisi Ketua Bapemperda yang dipegang I Dewa Komang Wiratnadi.

“Dengan demikian nantinya dewan bisa melaksanakan  sejumlah tugas sesuai dengan tupoksinya,” demikian Sekwan Made Sudantra, S.E.

Sementara Ketua DPRD Jembrana Ni Made Sri Sutharmi mengemukakan, secara umum pembentukan AKD berjalan lancar. Hasil yang didapatkan telah sesuai kesepakatan seluruh anggota DPRD Jembrana,” ucapnya singkat.      (utu)