Api Porprov 2019 Mulai Diarak Keliling Bali

0
148
Ketua Umum KONI Bali Ketut Suwandi menyerahkan Api Porprov kepada Bupati Tabanan Putu Eka Wiryastuti. (FOTO: ist)

Tabanan, PERSPECTIVESNEWS – Api Porprov Bali XIV/2019 mulai diarak keliling Bali setelah diambil melalui proses sakral dan mengandung unsur keagamaan di Pura Luhur Batu Panes di Desa Mangesta, Penebel pada Kamis (5/9/2019) pagi.

Pengambilan Api Porprov dihadiri antara lain, Gubernur Bali diwakili Plt. Ketua KONI Bali, Ketut Suwandi, Kadis Kepemudaan dan Olahraga Bali, Made Rentin, Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti, Wakil Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya, beserta seluruh OPD di lingkungan Pemkab Tabanan, beserta undangan lainnya.

Setelah upacara penyulutan, rombongan regu Api Porprov terlebih dahulu keliling di beberapa kecamatan maupun daerah di Kabupaten Tabanan. Rutenya adalah Kedampal Mangesta-Jatiluwih-Senganan-Apuan-Pinge-Marga-Belayu-Kukuh-Kediri-Pandak-Beraban-Bengkel-Pejaten-Bongan-Sudimara-Serongga-Penyalin-Gedung Mario.

Selanjutnya dari Gedung Mario, regu pelari membawa api ke Kantor Bupati Tabanan dan disemayamkan sekitar pukul 16.00 wita. Keesokan harinya atau Jumat (6/9/2019) Api Porprov dari Tabanan diarak menuju Kabupaten Jembrana. Kemudian sore harinya pukul 15.00 Wita, api menuju Kabupaten Buleleng dan menginap sehari di ujung utara Pulau Bali itu.

Setelah itu, dari Buleleng api kemudian menuju Kabupaten Karangasem dan setelah itu meluncur ke Kabupaten Klungkung yang diperkirakan sampai pukul 17.00 Wita dan hari itu juga langsung menginap di Klungkung, Sabtu (7/9/2019).

Pada Minggu (8/9/2019), pagi harinya api melakukan perjalanan panjang dari Klungkung menuju Bangli, kemudian dari Bangli singgah ke Gianyar. Dan dari Gianyar sampai di Denpasar sekitar pukul 16.00 Wita lalu menginap di Denpasar.

Kemudian Senin (9/9/2019), berangkat dari Denpasar menuju perbatasan dengan Badung, lalu menuju kembali ke Tabanan sekitar pukul 12.30 Wita. Barulah pada pukul 18.00 Wita (Senin), pembukaan Porprov Bali 2019 dimulai.

“Untuk pembukaannya kami rancang berbeda dengan Porprov sebelumnya. Biasanya diadakan di stadion, sekarang peserta ber-defile dari depan Kantor Bupati Tabanan menuju Garuda Wisnu Serasi,” ucap Ketua Panpel Porprov Bali 2019, Dewa Gede Ary Wirawan.(git)