I Made Mariawan, SE., MM, Inilah ‘Coach’ Pegadaian Sesungguhnya…

0
150

PT Pegadaian (Persero) Wilayah VII Denpasar boleh berbangga. Mereka memiliki ‘coach’ khusus untuk mengajarkan dan mengedukasi masyarakat untuk berinvestasi yang aman dan prospektif untuk produk emas.

I Made Mariawan adalah ‘coach’ yang sesungguhnya. Di pundaknya lah target keberhasilan Pegadaian diamanahkan. Tak ringan memang, namun tugas pria yang sudah bekerja lebih dari 20 tahun ini, dijalankan dengan baik.

Pegadaian Wil VII Denpasar adalah salah satu kontributor pendapatan ketiga terbesar secara nasional. Ini karena berbagai program kerja dan sosialisasi produk, diterima baik oleh masyarakat di Denpasar, Bali. Inilah salah satu keberhasilan ‘coach’ (pelatih) Mariawan dalam turut meningkatkan kinerja perusahaan.

Sebagai corong perusahaan, Mariawan cukup paham dengan tugasnya di kehumasan. “Mesti banyak berhubungan dengan media, menyosialisasikan sekaligus mempublikasikan produk-produk kami yang tidak dapat kami lakukan sendiri. Harus dibantu oleh media,” katanya jujur.

Melibatkan media, lanjut pria 53 tahun ini, jelas membutuhkan pemahaman kerja jurnalis yang cukup. “Kami harus bersinergi. Tantangan ke depan semakin berat. Era digitalisasi menuju industry 4.0 mesti disikapi dengan perubahan mindset yang benar,” ungkap pria asal Tabanan ini.

Mengundang Indra Sjafri, menurut Mariawan terkait pula dengan tugasnya di Humas. Selama di Bali, ‘penanganan ’ coach U-19 itu berada dalam tanggungjawabnya sepenuhnya. “Mendatangkan beliau (Indra Sjafri-red) adalah upaya kita mengembangkan pasar. Kami punya produk Tabungan Emas dengan menyasar pasar milenial. Bapak Indra Sjafri adalah brand ambassador yang lekat dengan milenial yakni para pecinta bola.

Mariawan bersyukur, produk Tabungan Emas berjalan baik. Pasar merespon positif. Tak hanya menyasar kalangan milenial, para karyawan hotel bahkan dokter berminat dengan prospek investasi tabungan berupa emas itu.

Pelanggan pun tak harus lelah menjangkau kantor Pegadaian, cukup download aplikasi Pegadaian Digital System dan berbagai informasi terkait emas akan mudah didapatkan.

Pernah menyabet predikat The Best sebagai Kepala Kantor Pegadaian yang ada di wilayah VII Denpasar, tak membuat Mariawan membusungkan dada. “Saat itu saya sebagai Kepala Cabang Pegadaian di Tabanan. Dari nol hingga mampu berkontribusi lebih baik. Bukan pekerjaan enteng. Tapi bersyukur semua bisa saya jalani dengan baik,” katanya.

Pengalaman bekerja di berbagai daerah dengan posisi/jabatan beragam membuat Mariawan makin mumpuni melakoni tugas-tugasnya, tak terkecuali di bidang protokol dan humas sekarang ini. Mariawan adalah ‘coach’ Pegadaian yang sesungguhnya….    (ari)