Aksi Bersih Pantai oleh Angkatan Laut Chile Ini Patut Diapresiasi

0
113
Aksi bersih pantai

Sanur, PERSPECTIVESNEWS-  Kegiatan berupa aksi bersih-bersih pantai oleh Angkatan Laut Chile di Pantai Mertasari, Sanur, Denpasar ini patut diapresiasi.

Hal ini menindaklanjuti kerja sama Indonesia – Chile pada bidang kelautan dan perubahan iklim dimana kapal latih Angkatan Laut Chile “Esmeralda” melakukan kunjungan resmi di Bali mulai 29 Agustus – 2 September 2019.

Aksi bersih pantai di Pantai Mertasari, Sanur, Denpasar ini berlangsung Jum’at (30/8/2019) dan diikuti juga siswa sekolah yang tergabung dalam komunitas peduli sampah.

Aksi bersih pantai di kawasan Pantai Mertasari Denpasar ini berhasil mengumpulkan ratusan kilogram sampah plastik. Aksi bersih pantai yang juga melibatkan komunitas sekolah serta beberapa komunitas lainnya. Dalam aksi juga berhasil dikumpulkan ribuan puntung rokok.

Kegiatan dihadiri langsung Deputi Bidang Koordinasi SDM, IPTEK, dan Budaya Maritim, Safri Burhanuddin, didampingi Duta Besar Chile, Gustavo Ayares, Asisten Deputi Pendayagunaan Iptek dan Maritim Kemenko Bidang Kemaritiman, Nani Hendiarti, dan Asisten Deputi Bidang Jejaring Inovasi Maritim Kemenko Bidang Kemaritiman, Latief Nurbana.

Di sela-sela acara, Safri Burhanuddin menegaskan, dengan aksi membersihkan pantai yang mendukung pada penanganan sampah plastik ini diharapkan mampu memberikan edukasi masyarakat untuk ikut menjaga kebersihan, dan peserta aksi ini juga ikut mensosialisasikan pembangunan lingkungan dan kebersihan tempat umum.

“Tentunya ini harus kita sikapi bersama dan menjadi acuan untuk ikut kebersihan lingkungan yang ditransfer dengan tidak membuang sampah sembarangan,” ujarnya.

Safri menambahkan, pihaknya berharap masyarakat sadar, jangan sampai aktivitas masyarakat yang membuang sampah sembarangan dapat merugikan banyak pihak termasuk masa depan pariwisata di Bali, khususnya Kota Denpasar,” katanya.

Jangan Buang di Tempat Umum

Duta Besar Chile, Gustavo Ayares mengaku senang dapat ikut dalam aksi bersih-bersih pantai ini. Harapannya tidak ada lagi yang membuang sampah di tempat umum dan ikut mengurus kebersihan.  

Bagi Gustavo, Bali memiliki pantai yang sungguh indah dan menjadi tujuan utama wisatawan maka sebaiknya pantai dijaga kebersihannya dari sampah-sampah plastik yang mengurangi keindahan dan kenyamanan bagi wisatawan.    (ari)