Pengprov IODI Bali Menargetkan 2 Emas di Pra-PON

0
158
Ni Made Suparmi

Denpasar, PERSPECTIVESNEWS – Ikatan Olahraga Dancesport Indonesia (IODI) Provinsi Bali menargetkan meraih 2 medali emas di ajang Pra-PON yang digelar di Hotel Mercure Sanur, 16-17 Agustus 2019. Target tersebut cukup realistis mengingat persaingan di cabor ini begitu ketat.

Ketua Umum Pengprov IODI Bali, Ni Made Suparmi mengatakan, sebagai tuan rumah Bali mengutus 26 atlet dansa yang sudah dipersiapkan jauh sebelum Pra-PON dengan mengikuti 17 nomor yang diperlombakan.

“Dua emas kami rasa cukup dan tak muluk-muluk karena di grup Bali ada juga DI. Yogyakarta yang memang dancesport-nya cukup bagus di Indonesia. Karena itulah kami tak mau target muluk-muluk. Kalau lolos atlet kami ke PON XX/2020 Papua mendatang targetnya ya sebanyak-banyaknya dari 26 atlet yang kami turunkan di Pra-PON,” ujar Suparmi, Kamis (15/8/2019).

Ke-26 pedansa yang bakal berlaga di Pra-PON, yakni Bagus Made Subawa, Ni Wayan Diva Mahayani, I Gusti Ngurah Aditya Surya Bayu, Ni Putu Archisya Anandari Wandhira, I Nyoman Surya Rama Aditya, Anak Agung Sagung Nisma Riananda, Kade Yoga Wiratama, Ni Putu Ardira Widasari, Basilius Agung Hopy Riung, Gusti Ayu Putu Mariesta, I Wayan Egi Raditya Wardana.

Kemudian, Angel Olivia Juwita Lumiana Pardede, I Kadek Yupa Bejidana, Apriliana, Bagus Putu Raka Mendra Dana, Ketut Adi Sudiarta, I Kadek Toh Jiwantara Putra, I Komang Manik Ochi Juniarsa Suarsa, I Wayan Satria Wibawa, I Wayan Ryan Junarta Septiawan, Ni Made Sumawati Dewi, Ni Putu Adellia Diryanti, Adit Gesang, dan I Wayan Adi Guna.

“Sistem kelolosan di Pra-PON nanti berdasarkan kuota dan itu hanya sampai 4 besar saja per kategori. Untuk atlet peraih emas per nomor memperoleh kuota 8 atlet yang lolos PON, peraih perak kuota lolos 6 atlet, perunggu kuota lolos 4 atlet dan peringkat empat kuota lolos 2 atlet. Nanti semuanya itu diakumulasikan di semua nomor. Jadi akan ketemu berapa atlet satu provinsi yang lolos PON Papua,” katanya.

Suparmi yang juga Sekjen PP IODI mengatakan, Pra-PON di Bali diikuti 18 provinsi yang dibagi 3 grup dan masing-masing grup berisikan 6 provinsi.

Selain DI Yogyakarta, kata Suparmi, Bali satu grup dengan Jawa Tengah, Sumatera Utara, Kalimantan Tengah, dan Papua Barat. “Kami memperhitungkan kekuatan Jateng dan Yogyakarta dengan mewaspadai tim-tim lainnya yang ada di grup ini,” imbuh Suparmi. (git)