HUT Ke-124 Kota Negara, Visi dan Misi Terwujudnya Kesejahteraan Masyarakat

0
296

Usia Kota Negara sudah 124 tahun. Berbagai hasil pembangunan sudah dirasakan masyarakat Jembrana namun tekad untuk lebih mewujudkan kesejahteraan masyarakat menjadi visi misi Pemerintah Kabupaten Jembrana.

Visi: Terwujudnya kesejahteraan masyarakat Jembrana melalui peningkatan perekonomian dan profesionalisme sumber daya manusia yang dilandasi semangat kebersamaan, kewirausahaan dan pemberdayaan masyarakat.

Misi: Pembangunan Daerah Kota Jembrana

1. Mewujudkan pemerintah yang bersih dan akuntabel melalui penyelenggaraan pemerintah yang aspiratif, partisipatif dan transparan

2. Meningkatkan perekonomian daerah melalui optimalisasi basis dan pemberdayaan masyarakat

3. Meningkatkan kualitas pelayanan bidang kesehatan, pendidikan dan sosial dasar lainnya.

4. Meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana publik dengan memperhatikan kelestarian lingkungan.

5. Meningkatkan ketentraman dan ketertiban umum dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat.

Mekepung Sebagai Driving Force

Mekepung sebagai Driving Force Pemkab Jembrana.

Peringatan hari jadi suatu daerah memiliki makna historis untuk mengenang kembali lahirnya suatu daerah atau kota yang bersangkutan. Selain itu juga akan membuat terkoordinasinya ikatan emosional yang sangat kuat bagi semua komponen masyarakat yang membidani lahirnya daerah atau kota maupun masyarakat yang berdomisili di daerah atau kota tersebut.

Peringatan hari jadi Kota Negara bukan hanya sekedar mengekspresikan kegembiraan atas keberhasilan yang telah dicapai. Peringatan harus dijadikan momentum untuk melakukan evaluasi di berbagai bidang serta merupakan landasan bagi penyusunan pembangunan secara berkala dan berkesinambungan.

Koreksi terhadap apa yang sudah dicapai, apa yang belum dicapai dan apa kendala yang dihadapi dalam mengoptimalkan potensi daerah, perlu terus dilakukan. Ini juga harus mentradisi dari pimpinan daerah beserta jajarannya hingga ke masyarakat dan dunia usaha.

Selain itu setiap pengelolaan kegiatan hendaknya menggunakan pola pendekatan manajemen pemerintahan yang profesional. Kota Negara dalam usia ke-124 tidak terlepas dari pasang surut serta dinamika perubahan sosial.

Pesatnya perkembangan Kota Negara hendaknya diikuti dengan kedewasaan dan kematangan pola pikir masyarakatnya. Ke depannya, masyarakat juga bisa beradaptasi dengan masyarakat di kabupaten/kota lainnya dan mampu merespon dinamika perubahan sosial.

Persatuan dan kesatuan masyarakat Jembrana yang telah terbina selama ini harus terus ditingkatkan. Etos kerja dengan semangat dan kerja keras yang tercermin dalam senangat Mekepung hendaknya dapat menjadi motivator atau driving force bagi penyelenggara pemerintahan dan semua komponen masyarakat di Jembrana untuk memajukan daerah di ujung Barat Pulau Bali. Dengan bekal semangat yang tinggi serta niat yang kuat serta keyakinan yang tinggi, Kabupaten Jembrana akan mampu mengatasi problema sosial yang dihadapi sehingga tercipta suasana yang kondusif.

Siapa pun pemimpin Jembrana ke depan harus mampu pula mewujudkan rencana-rencana strategis yang senantiasa bisa dilaksanakan dan dikembangkan secara efektif supaya efektifitas penyelenggaraan pemerintah, pembangunan dan pelayanan masyarakat berlangsung dalam rangka good governance.

Dengan demikian segala potensi yang dimiliki Jembrana akan mampu tampil sejajar dengan kabupaten lainnya yang ada di Bali khususnya dan di Indonesia umumnya. Potensi Pertanian, Pariwisata serta Perikanan dan Kelautan masih dapat dikembangkan untuk peningkatan pendapatan daerah Jembrana. Selamat Ulang Tahun ke-124 Kota Negara.  !!!!    (ADV)