Bali United Kudeta PS Tira Persikabo di Puncak Klasemen Liga 1

0
115
Stefano Lilipaly dengan tendangan fist time berhasil menjebol gawang Tira Persikabo. (FOTO: laman resmi butd)

Denpasar, PERSPECTIVESNEWS – Bali United memenuhi ambisinya dan menjadi tim pertama yang mengalahkan PS Tira Persikabo setelah menang 2-1 pada pekan ke-13 Liga 1 2019 di Stadion Pakansari Bogor, Kamis (15/8/2019) malam.

Dengan tambahan tiga angka kini Bali United bertengger di puncak klasemen dengan nilai 31 menggeser PS Tira Persikabo di posisi kedua dengan poin 29.

 Dipimpin wasit Hamim Tohari dari Jatim, Serdadu Tridatu tampil impresif. Apa yang disebutkan sang suksesor Stefano Cugurra bahwa timnya datang ke Pakansari untuk mengambilalih pimpinan klasemen, terbukti.

Laga baru berjalan 11 menit, Serdadu Tridatu melalui sontekan kaki Stefano Lilipaly berhasil merobek jala PS Tira Persikabo yang dijaga Angga Saputro. Gol ini berawal umpan menyilang dan terukur Melvin Platje. 1-0 Serdadu Tridatu Unggul.

Tidak puas dengan sebiji gol, anak-anak Bali United terus melakukan tekanan ke daerah pertahanan PS Tira Persikabo. Sebaliknya, tim lawan bertabur bintang yang dibesut pelatih kepala Rahmad Darmawan itu, tidak ingin dipermalukan di depan publiknya sendiri.

Serangan pun silih berganti dilakukan kedua tim. Pada menit ke-20 tuan rumah PS Tira Persikabo mendapat peluang lewat tendangan jarak jauh Parfait Louis, namun tendangannya masih mampu diamankan Wawan Hendrawan.

 Semenit berselang, tim Serdadu Tridatu hampir memperbesar keunggulan lewat sundulan Melvin Platje memanfaatkan umpan sepak pojok Fadil Sausu, namun sayangnya masih tipis di atas gawang Angga Saputro. Hingga jeda laga, skor 1-0 untuk Bali United tetap tak berubah.

Babak kedua, tuan rumah PS Tira Persikabo berupaya menyamakan kedudukan dengan meningkatkan daya  gedornya. Beberapa peluang mencetak gol ke gawang Wawan Hendrawan didapat striker mereka, Loris Arnaud. Tetapi kokohnya pertahanan Bali United yang dikawal Ricky Fajrin Saputra, gempuran demi gempuran yang dilancarkan anak-anak PS Tira Persikabo selalu kandas.

Akhirnya Tira Persikabo berhasil menyamakan kedudukan lewat gol yang dicetak Abduh Lestaluhu pada menit ke-74. Berawal dari umpan terobosan Roni Sugeng, Abduh Lestaluhu masuk ke dalam kotak penalti dan tampak berniat memberikan umpan silang kepada Loris Arnaud.

Namun, Abduh melepas umpan sembari terpeleset sehingga bola yang dilepaskannya justru melambung menuju tiang jauh gawang Bali United dan masuk dengan indah. Kiper Bali United, Wawan Hendrawan, tidak menyangka bola tersebut meluncur masuk ke dalam gawangnya.

Bali United kembali unggul 2-1 pada menit ke-81 lewat Stefano Lilipaly setelah mendapatkan umpan menyilang Michael Orah. Fano mendapatkan bola setelah bek Tira Persikabo, Andy Setyo gagal menjangkau bola. Ia melepaskan tembakan keras yang tak mampu dihalau Angga Saputro.

Di sisa waktu, Tira Persikabo mencoba terus menekan guna menyamakan kedudukan. Namun waktu tidak cukup untuk hal itu, dan hingga wasit meniup peluit panjang tanda usainya laga, kedudukan 2-1 untuk tim tamu tak berubah. (git)