KONI Gianyar Blak-blakan Soal Bonus Atlet Porprov, Ini Penjelasannya

0
121
Ketua KONI Gianyar Made Pande Purwata berpose bersama tim SIWO PWI Bali.

Gianyar, PERSPECTIVESNEWS – Atlet Kabupaten Gianyar yang berhasil meraih medali, terutama medali emas di Porprov Bali XIV/2019 Tabanan, bakal mendapat kucuran bonus dari pemkab setempat, yang nilainya meningkat dibandingkan bonus porprov sebelumnya.

“Ya, kami sudah merancang meningkatkan bonus bagi atlet yang berhasil mengharumkan Gianyar di ajang Porprov Bali 2019 di Tabanan. Bahkan tidak saja atlet, ofisial dan pelatih yang atletnya meraih emas, bonusnya meningkat,” ujar Ketua Umum KONI Gianyar, Made Pande Purwata, Minggu (11/8/2019).

Dia mengatakan, atlet, pelatih dan ofisial merupakan patriot olahraga yang akan mengharumkan nama Gianyar di kancah perhelatan olahraga dua tahunan sekala Bali nanti. Karena itu, lanjut dia, sudah sewajarnya kalau mereka juga mendapat reward yang wajar juga.

Pande Purwata juga menjelaskan, bonus untuk perorangan, peraih emas diberikan Rp 50 juta, perak Rp 25 juta dan perunggu Rp 15 juta. “Kalau yang beregu, seperti biasa menggunakan persentase. Yang jelas besarannya bertambah dari dua tahun lalu,” ucapnya.

Made Pande Purwata

Dibeberkan Purwata, Gianyar tetap mengincar peringkat ketiga dalam pengumpulan medali. Hasil itu juga masih sama ketika Gianyar berstatus sebagai tuan rumah Porprov Bali 2017 lalu dimana meraih total 53 keping medali emas.

Untuk mewujudkan target tersebut, kata Pande Purwata, Pemkab Gianyar melalui APBD telah mengucurkan anggaran senilai Rp 13 miliar di anggaran induk, untuk mengikuti Porprov Bali tahun ini. Jumlah tersebut, diluar dari anggaran untuk bonus. “Nah untuk bonus itu dananya dari anggaran perubahan,” imbuh Pande Purwata.

Ditanya tentang jumlah kontingen, Pande Purwata mengatakan Kabupaten Gianyar di Porprov Bali XIV/2019 Tabanan, September mendatang mengirim jumlah yang lebih banyak dari dua tahun lalu dengan total tahun ini yakni sebanyak 812 orang. Rinciannya yakni 685 atlet dan 167 pelatih serta ofisial.

“Mengapa kami mengirim lebih banyak tahun ini, karena kami memberikan kesempatan kepada atlet lainnya untuk bisa berprestasi. Jadi peluang untuk menambah medali itu bisa terealisasi juga,” ujarnya.

Terkait penambahan bonus khusus itu memang sudah diperdakan oleh Pemkab Gianyar. Bahkan, dikatakan Purwata, menjadi satu-satunya kabupaten di Bali yang memberi perhatian lebih kepada pelaku olahraga maupun seni.

“Inilah bentuk perhatian pemerintah kami kepada masyarakatnya yang mengangkat derajat dan martabat nama daerah,” tandas Purwata.(git)