Petarung Pra-PON Bali Tetap Latihan Bersama

0
1030
Petarung Pra-PON Bali

Denpasar, PERSPECTIVESNEWS – Meskipun saat ini petarung yang telah masuk ke dalam tim bayangan Pra-PON Bali dikembalikan ke Pengkab/Pengkot Kodrat masing-masing, namun latihan secara bersama tetap dilakukan di Puslat Tarung Derajat di Kesambi, Denpasar. Tujuannya untuk lebih merekatkan dan membangun jiwa militansi demi Bali nantinya.

“Hal itu dilakukan menjelang Porprov Bali 2019 nanti. Mereka (petarung Pra-PON) latihan secara bersama baik putra maupun putri,” ucap Sekum Pengprov Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Bali, AA Bagus Tri Candra Arka, Rabu (7/8/2019).

Selain membangun rasa memiliki antarsesama petarung Pra-PON, teknik serta fisik juga tetap digembleng pihak pelatih Bali. Mengingat, latihan di Puslat itu porsinya juga lebih berat, karena acuannya nanti ke nasional. Sekaligus juga untuk memantau perkembangan progres peningkatan masing-masing petarung.

Apalagi, target medali yang diberikan KONI Bali kepada cabor tarung derajat di PON 2020 nanti minimal sama seperti yang diraih di PON 2016 lalu dengan 2 medali emas.

AA Bagus Tricandra Arka

“Kami rasa mereka bisa melaluinya karena semuanya adalah petarung yang terpilih berdasarkan apa yang telah mereka lalui sebelumnya. Mental juga sangat berpengaruh, karena mereka berlatih secara kontinyu baik di Puslat dan pengkab atau pengkot masing-masing,” tegas pria yang akrab disapa Gung Cok ini.

Bali sendiri menurunkan full team nantinya di kelas tarung baik putra maupun putri dengan rincian 9 petarung putra dan 5 petarung putri. Plus mengirim 1 kelas di seni getar atau gerak tarung.

Selain itu, pada Pra-PON juga para petarung nantinya diminta untuk tampil lepas tanpa beban, dan bertarung dengan semangat tinggi demi masuk 4 besar dan lolos PON Papua. Pasalnya, aturan Pra-PON nanti memang petarung tembus 4 besar atau semifinal yang lolos ke PON Papua.

“Karena itulah di Puslat yang dikawal oleh para pelatih tarung derajat seluruh daerah di Bali termasuk 6 pelatih inti Pra-PON ini bakal memanfaatkan waktu sisa sebelum Porprov dan juga Pra-PON ini,” tandas Gung Cok.(git)