Voli Indoor Bali Waspadai Kekuatan Tim-tim Pulau Jawa di Pra-PON

0
183
Nyoman Sukanada

Denpasar, PERSPECTIVESNEWS – Cabang olahraga voli indoor Bali bakal mengikuti ajang Pra-PON yang akan digelar di GOR Bulungan Jakarta, 3-10 Agustus 2019. Pada gelaran itu, Pengprov Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Bali membidik tembus peringkat ketiga atau empat besar.

Bali sendiri di Pra-PON voli indoor dan outdoor nanti hanya mengirimkan tim putra saja, dan pancangan target tersebut setelah membaca peta kekuatan tim-tim lawan, terutama daerah di Pulau Jawa, yang begitu kuat.

“Kami tak memungkiri jika daerah di Pulau Jawa memiliki kekuatan yang sulit ditandingi. Makanya kami tak mau sesumbar untuk target lebih tinggi dari tembus peringkat tiga  atau empat besar di Pra-PON nanti,” ujar Ketua Umum Pengprov PBVSI Bali, Nyoman Sukanada, Kamis (11/7/2019).

Apalagi selain kekuatan daerah di Pulau Jawa, tuan rumah PON XX/2020 yakni Papua juga kini diperkuat oleh para pemain asal Jawa yang mutasi ke daerah itu selama PON. Belum lagi perkembangan atlet bola voli di Indonesia begitu cepat.

“Ya, siapa bisa memperkirakan, seperti di PON Kalimantan Timur (Kaltim) silam, kami yang tak sesumbar ternyata untuk bola voli indoor mampu meraih perunggu dan bola voli outdoor atau pasir meraih perak,” imbuh Sukanada.

Sebelumnya dirinya merasa pesimis bola voli bakal dikirim, namun setelah melakukan koordinasi dan komunikasi dengan KONI Bali, terutama Ketua Umum Ketut Suwandi, akhirnya optimism itu muncul kembali.

“Sebelumnya pesimis tetapi setelah koordinasi dan komunikasi dengan Pak Suwandi beberapa waktu lalu dan akan ditinjau kembali, akhirnya kami optimis di Pra-PON. Kami kini sudah memiliki 14 pebola voli indoor Pra-PON serta dua tim di voli out door. Semuanya putra dan tidak mengirim putri,” kata Sukanada.

Dia juga mengatakan jika sebelum turun di Pra-PON nanti tim harus melakukan uji coba dengan daerah sasaran, dan itu bakal dibahas nantinya.(git)