Sukses Program Kampung KB, Pemkab Jembrana Raih Satya Lencana, Selamat….

0
198
Menko PMK Puan Maharani menyematkan Satya Lancana Pembangunan Bidang KKB kepada Bupati Putu Artha.

Jembrana, PERSPECTIVESNEWS- Berbagai program pembangunan Jembrana di bidang Kependudukan dan Keluarga Berencana (KB) mendapat apresiasi dari pemerintah pusat. Pemkab Jembrana yang sukses dengan program Kampung KB diganjar penghargaan tertinggi Satya Lencana.

Sabtu, (6/7) bertepatan dengan  Puncak Peringatan  Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-26 yang dipusatkan di Banjarmasin Prov. Kalsel, Bupati Jembrana I Putu Artha menerima penghargaan Satya Lencana Pembangunan di bidang Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

Penghargaan itu diserahkan Menteri Koordinator (Menko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani mewakili Presiden Joko Widodo, sebagai  penghargaan tertinggi atas komitmen dan dukungan terhadap program KKBPK  kepada kepala daerah. Teristimewa, karena  tahun ini  hanya  Jembrana menjadi satu satunya kabupaten di Bali yang diberi penghargaan tertinggi di bidang KKBPK ini.

Sebelumnya, pada tahun 2016 lalu, Pemkab Jembrana juga  menerima penghargaan dalam bidang KB,  Manggala Karya Kencana yang diterima Bupati Jembrana I Putu Artha, di Kupang, NTT. Salah satu sumber kesuksesan program KKBPK di Kabupaten Jembrana yakni Kampung KB.

Dijelaskan Kadis Pemberdayaan Perempuan Pengendalian Penduduk dan KB Jembrana, Ni Kade Ari Sugianti, Kampung KB merupakan program prioritas Pemerintah Pusat yang bertujuan untuk meningkatakan kualitas hidup individu, keluarga dan masyarakat yang  terintegrasi dengan pembangunan sektor lainnya.

Di Jembrana sendiri, Kampung KB sudah mulai terbentuk sejak tahun 2016, di masing-masing kecamatan sebanyak 1 desa. Sampai saat ini sudah terbentuk 10 Kampung KB.

Program itu juga didukung adanya Penyuluh KB, Petugas Lapangan KB dan para Tenaga Penggerak Kelurahan. Bahkan beberapa kali kampung KB yang ada di Jembrana menjadi studi rujukan bagi daerah-daerah lainnya.

Selain itu menurutnya, berbagai kegiatan juga dilaksanakan guna mendekatkan program KKBPK itu dengan masyarakat. Diantaranya melaksanakan pelayanan KB Keliling guna mendekatkan  pelayanan masyarakat, melaksanakan Mobil Unit Penerangan (Mupen) sebagai sarana KIE (komunikasi, informasi dan edukasi massa) melalui pemutaran film, memberikan pengayoman terhadap peserta KB MOP serta dengan memberikan biaya operasional terhadap Kelompok Bina Keluarga Balita.

“Kami juga mendekati berbagai kelompok masyarakat dengan membentuk Kelompok Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) di sekolah- sekolah serta  jalur masyarakat lainnya,“ terang Ari Sugianti.

Bupati Artha usai menerima penghargaan didampingi Kabag Humas dan Protokol I Made Cipta Wahyudi sangat mengapresiasi penghargaan yang diberikan Pemerintah Pusat.

Artha berharap ke depan penghargaan ini dapat dipertahankan sekaligus memotivasi percepatan peningkatan kualitas hidup masyarakat atau keluarga, khususnya di Jembrana.

“Atas nama Pemkab Jembrana, kami bersyukur atas  penghargaan Satya Lencana Pembangunan dari Presiden RI yang diserahkan Menko PMK Puan Maharani. Penghargaan ini merupakan bukti kerja keras dan sinergi antar OPD serta keseriusan kita bersama, baik pemerintah dan masyarakat Jembrana dalam program pembangunan di bidang KKBPK,“ tutup Artha.   (utu)