Selangkah Lagi Tim Basket Putra dan Putri Bali ke PON 2020

0
170
Tim basket putra Bali saat mengalahkan tim Kaltem di penyisihan pool

Tangerang, PERSPECTIVESNEWS – Nasib tim basket putra dan putri Bali yang sedang berlaga di Pra-PON, ditentukan apakah lolos langsung ke PON XX/2020 Papua atau  tidak, pada hari Jumat (5/7/2019).

Pada helatan yang digelar di The Hawk Expindo, Tangerang, Banten, tim putra bakal menghadapi tim Sulawesi Utara (Sulut), dan tim putri menghadapi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Tim putra Sulut bakal menjajal Bali setelah Kamis (4/7) mampu menundukkan DI. Yogayakarta, sedangkan tim putri Sulsel bakal melawan Bali usai melibas Kalimantan Timur (Kaltim). Tim putra Bali sendiri siap tempur sebagai juara Pool C dan tim putri Bali juga penyandang juara Pool W.

“Anak-anak sekarang ini sudah dalam kondisi fresh setelah beberapa jeda bertanding meski sebenarnya jeda agak lama itu kurang bagus karena bisa memengaruhi psikologi para pemain kami. Tapi kami bersyukur ternyata anak-anak tak masalah dengan hal itu,” tutur pelatih kepala tim basket putra Pra-PON Bali, IGN. Rusta Wijaya, Kamis (4/7/2019).

Diakuinya kondisi enjoy tersebut ditunjukkan oleh Winston Swenjaya dkk, dengan tidak adanya psikologis yang tegang jelang menghadapi laga penentuan untuk lolos ke PON Papua.

“Anak-anak happy-happy saja menjelang laga penentu. Saya juga tak memberikan tekanan dan hanya meberikan mereka hanya suntikan moral dan mental saya, dan kenyataannya kondisi mereka sangat bagus,” ujar Rusta.

Intinya, lanjutnya, tim putra tetap siap tempur meski harus waspada menghadapi rival ketat yakni Sulut, yang memiliki taktik dan strategi yang bagus.

“Saya tak mau mengulas taktik dan strategi kami maupun lawan, tapi pastinya baik kami maupun Sulut sudah sama-sama tahu kekuatan masing-masing. Saya optimis tim kami mampu mengatasi Sulut sekaligus lolos ke PON Papua. Kami mohon doa restu seluruh masyarakat Bali,” urai Rusta.

Di lain pihak, manajer  tim putri Bali, Deddy Setiawan mengutarakan, jika dirinya juga optimis dengan kelolosan tim putri. “Performa anak-anak konsisten, tapi harus tetap waspada di laga penentuan lolos PON Papua dengan performa Sulsel. Tapi kami optimis tim putri Bali mampu melewati lawannya itu,” tukas Deddy.(git)