PT Pegadaian Kanwil Denpasar Gelar Workshop UMKM se Bali, Ini yang Dibahas…

Workshop "Bussines Development" yang melibatkan puluhan UMKM binaan PT Pegadaian.

Denpasar, PERSPECTIVESNEWS- PT Pegadaian Kanwil Denpasar menggandeng Kanwil Ditjen Pajak Bali menggelar workshop bagi UMKM se Bali. Mereka adalah pelaku usaha mikro yang selama ini menjadi mitra binaan.

Workshop (pelatihan) digelar selama dua hari, 4 – 5 Juli 2019 di Hotel Harris Cokroaminoto, Denpasar dan membahas tiga permasalahan yang selama ini dirasakan masih menjadi kendala para pelaku UMKM.

Deputi Bisnis PT Pegadaian Kanwil Denpasar, Ketut Winata ketika dikonfirmasi, Kamis (4/7/2019) menjelaskan, workshop yang berkaitan erat dengan bussines development ini merupakan program Pegadaian dengan Ditjen Pajak setempat.

“Tujuannya memberikan pembinaan/pelatihan kepada pelaku UMKM untuk mendapatkan solusi dari kendala apa yang selama ini masih dirasakan. Ada tiga permasalahan antara lain permodalan, pencatatan (akuntansi) dan pemasaran,” jelas Winata.

Tentang permodalan, lanjut Winata, UMKM sudah lebih leluasa mendapat akses ke perbankan. Bank sudah lebih terbuka. Untuk itu pelaku UMKM diminta lebih intens menjalin kerjasama dengan bank. “Selama semua persyaratan terpenuhi, bank akan lebih fleksibel,” tambahnya.

Di bidang akuntansi, peserta pelatihan diberikan cara-cara bagaimana membuat pencatatan terpisah antara dana pribadi dan perusahaan. “Pelaku UMKM harus bisa memilah mana dana pribadi dan mana dana perusahaan. Mereka tidak boleh menggabungkan keduanya dalam satu pembukuan karena ini akan menjadi syarat untuk mendapatkan akses ke bank. Untuk kepentingan analisa bank terkait kelaikan usaha. Bahkan UMKM diberikan pelatihan membuat aplikasi akuntansi,” sebut Winata.         

Demikian halnya dengan kendala pemasaran. PT Pegadaian turut memberikan tips-tips pemasaran yang tepat tentang bagaimana membuat bentuk (membangun) narasi lewat konten-konten yang menarik sehingga orang bisa membaca dengan enak.

Dalam workshop juga dikemukakan harapan pelaku UMKM untuk menjadi agen pegadaian. Banyak keuntungan yang didapat selain sharing fee yang saling menguntungkan.   (ari)