Kapolda Bali Wajibkan Anggota Tekuni Beladiri Kempo

0
856
Kapolda Bali Irjen Pol Dr Petrus Reinhard Golose (nomor dua dari kanan) dengan pakaian kebesaran kempo.

Denpasar, PERSPECTIVESNEWS – Personel Polda Bali wajib menekuni beladiri kempo selain beladiri judo yang telah lebih dulu ditekuni. Sebab, kempo memiliki teknik kuncian-kuncian yang sangat diperlukan oleh anggota, sama seperti yang ada di beladiri judo.

“Banyak kesamaan antara beladiri kempo dengan beladiri Polri (judo,red), dan yang penting bagi saya, kuncian-kuncian yang ada di kempo berguna untuk melaksanakan tugas di kepolisian. Karena itu nantinya jajaran Polda Bali terutama Sabhara dan Brimob diwajibkan berlatih kempo selain beladiri Polri,” ucap Kapolda Bali Irjen Pol Dr Petrus Reinhard Golose.

Ditemui seusai membuka Kejuaraan Shorinji Kempo Kapolda Cup 2019 di GOR Purna Krida Kerobokan, Badung, Sabtu (29/6/2019), Kapolda Irjen Pol Petrus Reinhard Golose mengaku sudah menyiapkan tempat untuk anggotanya berlatih beladiri kempo.

Kepada Pengprov Persaudaraan Beladiri Shorinji Kempo Indonesia (Perkemi) Bali, Irjen Petrus Reinhard Golose minta agar menyusun skedul pelatihan dan menyiapkan pelatih untuk memberikan pelatihan kepada anggota Polda Bali.

“Saya sudah siapkan tempat latihannya, dan saya minta kepada pengurus Perkemi Bali untuk menyiapkan pelatih, memberikan pelatihan kepada anggota. Apalagi saya sebagai pengurus (Ketua Dewan Kehormatan) Perkemi Bali,” ucap Kapolda.

Dikatakan, di Polda Bali terdapat 13 ribu personel dan Perkemi Bali banyak sekali cabangnya sehingga perlu bersama-sama berlatih karena meski disiplin beladiri personel kepolisian adalah judo, tapi karena judo dan kempo satu aliran sehingga tidak ada masalah.

Soal Kejuaraan Shorinji Kempo Kapolda Cup 2019, Irjen Petrus mengatakan akan menjadikan event ini sebagai agenda tahunan Perkemi Bali, dan kalau bisa tahun depan digelar kejuaraan yang sifatnya dunia. Terlebih, lanjut Kapolda, daya tarik Bali sangat besar bagi warga negara lain untuk mengunjunginya.

Sementara Wakil Ketua Umum Pengprov Perkemi Bali, Fredrik Billy menyambut baik apa yang disampaikan Kapolda Petrus agar personel Polda Bali mahir juga beladiri kempo selain judo.

Kerja sama Perkemi Bali dengan Polda Bali, menurut Billy yang juga Bidang Hukum dan Etika KONI Bali itu, tak sebatas digelarnya kejuaraan, tetapi juga memasyarakatkan kempo kepada anggota Polri.

“Kami tidak masalah dan siap melaksanakan apa yang menjadi harapan Bapak Kapolda, para pelatih kami siapkan memberikan pelatihan kepada anggota Polda Bali,” imbuhnya.

Di Polda Jabar, kata Billy, hal itu sudah diberlakukan, yakni semua anggota Polda Jabar wajib juga mempelajari beladiri kempo. Billy mengakui apa yang menjadi harapan Kapolda merupakan kebanggaan bagi Perkemi, khususnya Perkemi Bali.(git)