Tidak Ada Koordinasi, FPTI Bali Anggap Indonesia Climbing Festival Ilegal

0
206
Putu Yudi Atmika, SH

Denpasar, PERSPECTIVESNEWS – Ketua Umum Pengprov Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Bali, Putu Yudi Atmika menegaskan pihaknya tidak pernah diajak koordinasi oleh pihak penyelenggara Indonesia Climbing Festival 2019, sehingga menganggap event yang digelar di Songan Bangli, 28 – 29 Juni 2019 itu ilegal.

“Pasalnya, informasi yang kami peroleh, rekomendasi dari PP FPTI terhadap event itu tetap diminta agar pihak panitia berkoordinasi dengan FPTI Bali. Namun koordinasi itu tidak pernah dilakukan kepada kami,” kata Putu Yudi Atmika, SH, Kamis (27/6/2019) di Denpasar.

Dia menambahkan, setiap event pasti ada rekomendasi dari pusat, sehingga berbekal surat rekomendasi pusat itulah pihak  panitia berkoordinasi dengan daerah. Nyatanya, sebut Yudi Atmika, pihak penyelenggara tidak pernah berkoordinasi sehingga patut diduga event itu ilegal karena tidak ada rekomendasi dari PP FPTI.

Selain itu, pihak panitia penyelenggara juga bukan dari jajaran pengurus FPTI Pusat, FPTI provinsi maupun FPTI kabupaten. “Nah kalau seandainya nantinya terjadi masalah siapa yang bakal bertanggung jawab? Kalu seandainya sukses gelarannya ya tidak masalah. Lantas jika meninggalkan pembiayaan yang minus bagaimana,” imbuh Yudi Atmika.

Pria yang juga Wakil Sekretaris I KONI Bali itu memastikan jika kegiatan tersebut pastinya bukan tanggung jawab dari FPTI Bali atau FPTI kabupaten yang terkait dengan event tersebut.

“Intinya kegiatan itu tidak ada kaitannya dengan kami maupun FPTI di bawah kami, sehingga kalau ada apa-apa itu di luar tanggung jawab kami. Dengan demikian pihak-pihak terkait jangan sampai lagi bertanya kepada kami terkait semua kegiatan itu. Karena itulah kami jelaskan lebih dulu, termasuk ke pihak FPTI kabupaten dan kota di bawah FPTI Bali. Jadi mereka tidak sampai bingung,” kata Yudi Atmika.

Pemberitahuan kepastian itu lanjutnya, sekaligus juga agar bisa memberikan informasi kepada KONI baik KONI Bali maupun KONI kabupaten dan kota, juga agar jangan sampai salah informasi jika kegiatan itu tidak ada kaitannya dengan FPTI Bali dan FPTI di daerah seluruh Bali.(git)