Polres Jembrana Gelar Lomba Pesantian Hari Bhayangkara ke-73

0
204
Pelaksanaan lomba pesantian menyongsong Hari Bhayangkara ke-73.

Jembrana, PERSPECTIVESNEWS- Bertempat di Aula Mapolres Jembrana, Selasa (25/6/2019) diselenggarakan Lomba Pesantian. Kegiatan ini dalam rangka menyongsong Hari Bhayangkara ke-73.

Kegiatan yang dibuka Wakapolres Jembrana Kompol Komang Budiartha,SIK itu diikuti 7 peserta dimana masing-masing Kapolsek mengeluarkan 2 pasang putra-putri sedangkan sebagai ketua juri dipimpin I Wayan Birka yang juga sebagai Bendesa Adat Baluk dibantu dua orang anggota juri masing-masing I Ketut Suana (Kelian Adat Sangkaragung) dan Ni Wayan Niliwati dari Pancardawa (Pendem).

Wakapolres Jembrana Kompol Komang Budiartha kepada PERSPECTIVESNEWS.COM mengemukakan, di Kabupaten Jembrana hampir di setiap desa pakraman hingga banjar adat muncul perkumpulan atau sekeha santhi untuk mengakomodir kepentingan setiap pelaksanaan yadnya di masing-masing pakraman.

Kegiatan pesantian yang diselenggarakan Polres kali ini adalah untuk menumbuhkembangkan pengetahuan para anak-anak muda Hindu baik putra maupun putri untuk mencintai sastra-sastra Hindu selain menambah wawasan tentang agama.

Materi yang dibawakan para peserta, selain yang bertalian dengan sastra-sastra agama Hindu juga pesan-pesan sosial seperti bagaimana menghormati orang tua,  bahayanya penyakit AIDS/HIV serta bagaimana berlalu lintas yang baik dan benar sehingga bisa selamat di tujuan.

“Semuanya dikemas dalam bentuk pesan-pesan sosial lewat lomba pesantian yang diselenggarakan Polres Jembrana,” ungkap Wakapolres Jembrana Kompol Komang Budiartha, SIK yang juga asal Kelurahan Lateng itu.

Sementara ketua panpel lomba Kompol I Made Prihenjagat, SH, secara singkat mengemukakan, lomba pesantian ini disamping sebagai pelestarian warisan budaya sekaligus sebagai ajang kreativitas anak-anak muda menuju arah yang positif.

“Selain itu lomba pesantian yang diselenggarakan Polres Jembrana merupakan salah satu bentuk mengembangkan dan memperluas wawasan budaya Hindu,” ungkap Kompol yang akrab disapa Jagat itu.    (utu)